Chat with us, powered by LiveChat
Brebes Berhias, Cenang Berkarakter

Penyembelihan Kurban di Masjid Jami’ Baitul Makmur Cenang

Cenang, (cenang.desabrebes.id) – Kurban yang berarti dekat atau mendekatkan atau disebut juga Udhhiyah atau Dhahiyyah secara harfiah berarti hewan sembelihan. Sedangkan ritual kurban adalah salah satu ritual ibadah pemeluk agama Islam, dimana dilakukan penyembelihan binatang ternak untuk dipersembahkan kepada Allah. Ritual kurban dilakukan pada bulan Dzulhijjah pada penanggalan Islam, yakni pada tanggal 10 (hari nahar) dan 11,12 dan 13 (hari tasyrik) bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha.

Rosid, S.S hakekat kurban adalah bagaimana kita bisa mengorbankan harta yang kita cintai, harta yang selama ini kita cari mati – matian, dari pagi hingga malam, malam sampai pagi bisakah kemudian dari usaha itu kita kurbankan. demikian disampaikan dalam khutbahnya pada sholat Idul Adha di masjid Jami’ Baitul Makmur. Minggu, (11/08/2019)

seperti dikisahkan Nabi Ibrahim AS yang diprintahkan oleh Alloh SWT untuk menyembelih anaknya yaitu Nabi Ismail AS yang mana Nabi Ismail adalah anak semata wayang Nabi Ibrahim yang begitu dicintainya. Namun demi cintanya kepada Alloh SWT Nabi Ibrahim pun sanggup untuk melaksanakan perintah-Nya untuk menyembelih Ismail.

esensi kurban sendiri adalah melatih diri kita untuk mencintai Alloh SWT lebih dari apapun, dalam kehidupan sehari-hari kita enggan untuk berbagi karena takut miskin padahal tiada sejarahnya orang yang bangkrut karna sedekah.

tahun ini masjid Jami’ Baitul Makmur Desa Cenang Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes mengadakan kurban tercatat ada 10 ekor kambing.

” Alhamdulillah tahun ini masjid masih bisa melaksanakan penyembelihan hewan kurban walau masih dirasa sangat sedikit bila dibandingkan dengan jumlah penduduk yang ada semoga tahun depan lebih banyak lagi yang kurban. ” Kata Rosid, S.S selaku Panitia Kurban. (sucen)

Bagikan ke :

Suara Warga Cenang

Klik untuk bergabung group whatshapp warga desa Cenang

Klik disini

Gabung

Alamat

Jl. Raya Wijahan Cenang Kecamatan Songgom - Brebes, Kode Pos 52266

Peta Lokasi

Desa Cenang © 2019