Brebes Berhias, Cenang Berkarakter

AJI, SISWA GKB YANG KREATIF

Cenang (cenang.desabrebes.id) – Aji Muhamad Jabar atau yang sering dipanggil Aji adalah siswa kelas VI (enam) di SD Maarif NU 02 Idharul Haiyi desa Cenang kecamatan Songgom kabupaten Brebes. Dia merupakan siswa GKB (Gerakan Kembali Bersekolah) yang di kembalikan oleh FMPP (Forum Masyarakat Peduli Pendidikan) desa Cenang pada tahun 2017 lalu.

Aji merupakan anak tunggal dari pasanga Wadi dan Sutri, Ia lahir dan dibesarkan oleh neneknya yang bernama watri (63). Sejak kecil ia sudah ditinggalkan oleh kedua orangtuanya dengan alasan ekonomi. Kedua orangtuanya bekerja keluar kota untuk memenuhi kehidupan keluarganya. Namun setelah beberapa tahun mereka tidak pernah kembali ke rumah dan memberi kabar. Sehingga Aji kecil di asuh dan dibesarkan oleh neneknya.

Pada usia sekolah, Aji bersekolah di SD Negeri Cenang 01, namun karena kurang kasih sayang dan perhatian dari orangtua akhirnya ia mengambil jalan yang salah. Dirinya bergaul dengan teman – teman yang tidak sekolah, sehingga ia terbawa pengaruh teman – tamannya. Aji mulai sering tidak masuk sekolah sehingga pada akhirnya ia keluar dari sekolah.

Seperti halnya anak seusianya, Aji bergaul bersama teman – temannya di sore hari. Aktivitas yang paling sering dilakukannya adalah bermain sepak bola di tanah lapang dan membuat mainan. Berawal dari hobinya tersebut Aji mulai sering membuat berbagai macam kerajinan yang akhirnya terbawa sampai ia memutuskan kembali bersekolah.

Melalui program Gerakan Kembali Bersekolah (GKB) tahun 2017, Aji dan 3 (tiga) temannya dikembalikan ke sekolah di SD Maarif NU 02 Idharul Haiyi desa Cenang untuk mendapatkan hak nya mendapatkan pendidikan layak. Di sekolah yang baru Aji masih sering membuat kerajinan berupa mainan yang terbuat dari kayu dan bambu. Terkadang ia juga menjual  ke teman – temannya, dan hasil dari penjualan mainannya digunakan untuk tambahan uang sakunya di sekolah.

Diusianya yang masih anak – anak ia sudah berpikir bagaimana caranya mendapatkan uang dari tangannya sendiri. Ia juga pernah menjual Jangkrik (sejenis serangga) kepada teman – temannya dan pada saat di Tanya darimana ia mendapatkan Jangkrik tersebut, dirinya menjawab pada saat sore hari ia dan teman – temannya pergi ke sawah dan mencari Jangkrik bersama – sama.

Dari segi akademik Aji tidak terlalu pintar, namun sekolah tetap merasa bangga atas karya – karyanya dan usaha – usahanya. Kelak ia akan menjadi anak yang sukses apabila bakat dan kemampuannya terus diasah dan dikembangkan dengan baik. Semoga kisah ini menjadi inspirasi bagi generasi anak bangsa, sehingga menjadi anak yang mandiri dan mempunyai masa depan yang cerah.

(red/IF)

Bagikan ke :

Suara Warga Cenang

Klik untuk bergabung group whatshapp warga desa Cenang

Klik disini

Gabung

Alamat

Jl. Raya Wijahan Cenang Kecamatan Songgom - Brebes, Kode Pos 52266

Peta Lokasi

Desa Cenang © 2018