Brebes Berhias, Cenang Berkarakter

Anak menjadi Obyek Tindak Kekerasan

Cenang, (cenang.desabrebes.id) –  Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) desa Cenang Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes, menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi. Kegiatan yang di ikuti kelas 5 dan 6 SDN Gegerkunci 2 diselenggarakan di ruang kelas 6. kegiatan yang di selelnggarakan oleh PATBM ini, di danai dari Dana Desa tahun anggaran 2019 sebesar Rp. 3,5 juta, Sabtu, 7/12/2019.

Kepala Sekolah SDN gegerkunci 2 Saroni, S. Pd. membuka acara kegiatan sosialisasi tersebut. ia menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat.

“Saroni juga berpesan kepada murid muridnya agar murid muridnya dalam memanggil temanya dengan nama sebenarnya, karena apabila memanggil bukan dengan nama sebenarnya maka itu disebut Bulying atau kekerasan Psikis”jelasnya.

Ketua Relawan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) Sahirman menyampaikan materi tentang 4 Hak Dasar Anak dan jenis jenis kekerasan pada anak.

Sahirman menambahkan, bahwa yang dimaksud Anak adalah yang berumur 0 sampai 18 tahun. setiap anak berhak untuk mendapatkan 4 Hak dasar yaitu : Hak Hidup, Tumbuh Kembang, Perlindungan dan Partisipasi.
1. Hak Hidup artinya anak berhak untuk hidup termasuk yang masih dalam kandungan.
2. Tumbuh Kembang artinya setiap anak berhak tumbuh dan berkembang dengan mendapatkan makanan yang bergizi.
3. Perlindunga artinya setiap anak berhak untuk mendapatkan perlindungan dari kekerasan, kesehatan maupun kehidupan yang mapan.
4. Partisipasi artinya setiap anak berhak untuk mengeluarkan pendapat, berbicara dalam keluarga.

“Kekerasan bisa menimpa siapa saja, dan biasanya pelakunya adalah orang terdekat. Kekerasan di bagi menjadi 3 macam yaitu : kekerasan Fisik, Psikis dan Seksual”jelas sahirman.

Kekerasan fisik identik meninggalkan bekas atau luka, kekerasan psikis biasanya timbulnya trauma atau si korban merasa ketakutan dan kekerasan seksual juga meninggalkan bekas atau luka yang pada akhirnya sulit untuk di sembuhkan.

Wali kelas 6 Sucipto, mengapresiasi kegiatan ini. dirinya berharap agar kegiatan seperti ini bisa sering diselenggarakan, dengan tujuan agar anak anak paham tentang apa itu hak anak dan apa itu tindak kekerasan pada anak. (kontributor)saher

Bagikan ke :

Suara Warga Cenang

Klik untuk bergabung group whatshapp warga desa Cenang

Klik disini

Gabung

Alamat

Jl. Raya Wijahan Cenang Kecamatan Songgom - Brebes, Kode Pos 52266

Peta Lokasi

Desa Cenang © 2019