Chat with us, powered by LiveChat
Brebes Berhias, Cenang Berkarakter

Banser Pengawal Ulama, Pancasila dan NKRI

Cenang (cenang.desabrebes.id) – Barisan Ansor Serbaguna (Banser) merupakan suatu lembaga dibawah naungan Gerakan Pemuda Ansor yang menjadi pengawal Para Ulama, Pancasila, dan NKRI.

Untuk melakukan tugas tersebut tidaklah mudah, dibutuhkan ketahanan fisik yang kuat, inteligensi tinggi, dan pemahaman pengetahuan yang mumpuni. Oleh karenanya diperlukan adanya pelatihan khusus untuk calon Banser, diantaranya adalah Diklatsar.

Diklatsar adalah Akronim dari Pendidikan dan Latihan Dasar. Dimana calon Banser akan di didik dan dilatih oleh instruktur ahli. Diklatsar juga merupakan tingkat dasar didalam kurikulum pelatihan Banser.

Melihat hal tersebut merupakan suatu kebanggaan tersendiri PR GP Ansor Dukuh Wijahan Desa Cenang mendapatkan mandat untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan Diklatsar Banser PAC GP Ansor tingkat Kecamatan.

Sahroji, S.Pd.I ketua PAC GP Ansor Kecamatan Songgom dalam rapat koordinasi bersama memilih GP Ansor Wijahan Desa Cenang karena dinilai mampu untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Beberapa rekomendasipun diberikan oleh Ranting Nahdlotul Ulama yang menginginkan pelaksanaan Diklatsar dilaksanakan di PR GP Ansor Wijahan.

Dalam melaksanakan kegiatan tersebut panitia terbagi menjadi dua, panitia inti yang berasal dari PAC GP Ansor Kecamatan Songgom dan panitia lokal yang berasal dari PR GP Ansor Wijahan.

Namun dalam pelaksanaannya panitia menyerahkan sepenuhnya kepada instruktur ahli untuk melaksanakan tugas penghemblengan calon Banser.

Mbah Tarjo (50) salah seorang instruktur Diklatsar menuturkan bahwa dirinya merasa senang dan bahagia atas terselenggaranya Diklatsar Banser di Wijahan Desa Cenang Kecamatan Songgom – Brebes.

Dirinya juga berharap pelaksanaan Diklatsar dari tahun ke tahun semakin baik dan meningkat, sehingga bisa menghasilkan Banser – Banser yang tangguh.

(Red/IF)

Bagikan ke :

Suara Warga Cenang

Klik untuk bergabung group whatshapp warga desa Cenang

Klik disini

Gabung

Alamat

Jl. Raya Wijahan Cenang Kecamatan Songgom - Brebes, Kode Pos 52266

Peta Lokasi

Desa Cenang © 2019