Brebes Berhias, Cenang Berkarakter

Baperlitbangda gandeng Dinsos Kunjungi PMU Desa Cenang

cenang.desabrebes.id – Cenang – Baperlitbangda bersama dengan Dinas Sosial kabupaten Brebes mengunjungi desa Cenang kecamatan Songgom, Brebes terkait Pendidikan Masyarakat Universal (PMU). Kamis (17/10).

Kegiatan  tersebut merupakan rencana kegiatan dan tindak lanjut dari pertemuan empat desa pilot proyek se kabupaten Brebes beberapa bulan lalu.

Keberadaan PMU diharapkan menjadi solusi pengentasan ATS di kabupaten Brebes  yang enggan kembali bersekolah di satuan pendidikan formal.

Hadir dalam kegiatan tersebut Rela kabid Pemsosbud Baperlitbangda, Warudin dari Dinsos, dan DR. Isti Hidayah perwakilan dari UNNES selaku mitra pendamping pemerintah kabupaten Brebes dalam program pemberdayaan masyarakat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut pendamping desa Cenang, Ketua BPD, Ketua Penyelenggara PKBM, ketua FMPP dan beberapa tokoh yang tergabung dalam susunan pengurus Pendidikan Masyarakat Universal (PMU) desa Cenang kecamatan Songgom, Brebes.

Setelah tiba di Cenang, rombongan disambut langsung oleh Imam Rifai selaku kepala desa dan mengantar menuju tempat kegiatan.

Acara dimulai pukul 15.00 WIB dimoderatori oleh Yazid selaku pendamping desa sekaligus fasilitator PMU desa Cenang kecamatan Songgom, Brebes.

“Pendidikan Masyarakat Universal (PMU) merupakan program yang sangat bagus karena bisa mengurangi ATS di desa Cenang.” Ungkap Yazid

“… dan nanti program tersebut bisa didanai oleh dana desa.” Imbuhnya

Hal senada juga disampaikan oleh Warudin selaku kasi di Dinas Sosial kabupaten Brebes yang mengatakan bahwa dengan berkurangnya angka ATS maka akan menambah kesejahteraan di desa tersebut.

“Selain itu akan mengurangi pelanggaran – pelanggaran sosial di masyarakat.” Tambahnya.

Di sela – sela pembahasan muncul sebuah pertanyaan dari Imam Rifai selaku kepala desa Cenang, dirinya menanyakan apabila ada seorang anak yang mempunyai keahlian namun tidak mempunyai ijasah, apakah ada jaminan bahwa anak tersebut bisa diterima di perusahaan ?

Hal tersebut langsung dijawab oleh DR. Isti Hidayah, dirinya mengatakan bahwa itulah pentingnya dibentuk pengurus untuk mengurusi PMU, supaya bisa mengarahkan si anak tersebut untuk bisa memperoleh legalitas pendidikan.

“Nanti PMU bisa bekerjasama dengan lembaga kursus, PKBM, atau perusahaan.” Pungkasnya

(Red/IF)

Bagikan ke :

Suara Warga Cenang

Klik untuk bergabung group whatshapp warga desa Cenang

Klik disini

Gabung