Chat with us, powered by LiveChat
Brebes Berhias, Cenang Berkarakter

Bappeda Litbang Kabupaten Pekalongan Berkunjung ke Brebes Terkait GKB

DSC_0876

Sabtu, 01 Desember 2018

Brebes – (cenang.desabrebes.id) Baperlitbangda Kabupaten Brebes menerima kunjungan dari Bappeda Litbang Kabupaten Pekalongan dalam rangka studi banding terkait Gerakan Kembali Bersekolah (GKB) di Kabupaten Brebes, Jumat (30/11) kemarin.

Acara studi banding tersebut dilaksanakan di ruang rapat kantor Baperlitbangda Kabupaten Brebes yang dipimpin langsung oleh Kabid Pemsosbud yang memang terlibat langsung dalam kegiatan GKB di Kabupaten Brebes.

Hadir dalam acara kemarin yakni Kabid Pemsosbud, Kabid Dikdas, dan Ketua FMPP Kabupaten Brebes, selain itu hadir pula 2 (dua) Desa Best Practice yakni Desa Cenang dan Desa Parereja yang masing – masing dihadiri oleh Kepala Desa dan Fasilitator SIPBM di Desa tersebut.

Rela, Kabid Pemsosbud Baperlitbangda Kabupaten Brebes membuka acara dan menyampaikan selamat datang kepada OPD dari Kabupaten Pekalongan dan sekilas dari perjalanan GKB serta selayang pandang tentang keadaan Kabupaten Brebes. Beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan GKB tersebut melibatkan berbagai unsur mulai dari OPD Kabupaten, Kecamatan, sampai Desa.

“ Betapa susahnya mencari data anak putus sekolah (ATS), sehingga kami perlu merangkul jajaran OPD baik yang ada di Kabupaten, Kecamatan, maupun Desa, semuanya bersatu padu sehingga tercipta kekuatan yang solid untuk memecahkan masalah ATS ini “. Tuturnya

Rela menambahkan bahwa Kabupaten Brebes pada tahun 2018 bisa mengembalikan ATS sebanyak 1.212 dari 7.772 ATS di Kabupaten Brebes. Dengan rincian 643 ATS dikembalikan ke sekolah formal dan 569 ATS dikembalikan ke sekolah nonformal.

“ Kami juga bersyukur dengan adanya SIPBM yang memudahkan kami dalam mendapatkan data anak tidak sekolah (ATS) by name by address langsung dari masing – masing Desa “. Imbuhnya

Hal senada juga disampaikan oleh Rojat, Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Pemuda dan Olehraga Kabupaten Brebes yang mengatakan bahwa beliau telah mengerahkan UPT dan Guru di masing – masing Kecamatan untuk ikut berperan dalam pendataan ATS tersebut.

“ Dari daerah sudah menganggaran sebesar 5,7 M untuk gerakan ini, jadi anggaran tersebut harus terserap semua agar tidak ada anggaran yang terbuang “. Tambahnya

IMG-20181130-WA0003

Disisi lain Yuli, Kabid Pemsosbud Litbang Kabupaten Pekalongan sangat mengapresiasi semangat dan perjuangan dari Pemerintah Kabupaten Brebes atas Gerakan Kembali Bersekolah (GKB) yang telah digaungkannya. Yuli berkeinginan untuk menerapkan Gerakan Kembali Bersekolah tersebut di daerahnya. Yuli juga ingin membentuk Forum Masyarakat Peduli Pendidikan (FMPP) di Pekalongan namun dengan nama atau istilah yang berbeda.

Setelah masing – masing OPD memaparkan hasil dari kegiatan didaerahnya, acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Semua peserta berperan aktif pada sesi ini, terlebih dari OPD Kabupaten Pekalongan yang sangat ingin mereplikasi kegiatan GKB di daerahnya. Oleh karenanya sekecil apapun ilmu yang disampaikan akan sangat bermanfaat bagi program yang akan dilakukan untuk kesejahteraan masyarakat di daerahnya tersebut.

Acara ditutup dengan penyampaian kesimpulan oleh Kabid Pemsosbud Kabupaten Brebes yang berpesan untuk tetap bersemangat dalam melaksanakan program GKB. Gerakan ini adalah gerakan sosial yang tidak dibayar dan tidak pula digaji, oleh karena itu dibutuhkan relawan – relawan yang tangguh yang siap bekerja tanpa pamrih untuk gerakan tersebut.

Bahrul Ulum, Ketua FMPP Kabupaten Brebes juga mengingatkan bahwa dalam pelaksanaan program GKB tidak harus menggunakan data valid dulu, yang terpenting adalah step by stepnya dilaksanakan dengan baik dan apabila terjadi kekurangan bisa ditambahkan untuk tahun depannya agar lebih baik. (red/IF)

Bagikan ke :

Suara Warga Cenang

Klik untuk bergabung group whatshapp warga desa Cenang

Klik disini

Gabung

BABAK BARU PILKADES CENANG

Cenang(cenang.desabrebes.id)-Pemilihan Kepala Desa Cenang memasuki babak baru. Segala persiapan dilakukan

Alamat

Jl. Raya Wijahan Cenang Kecamatan Songgom - Brebes, Kode Pos 52266

Peta Lokasi

Desa Cenang © 2019