Brebes Berhias, Cenang Berkarakter

BPBD Bersama Pemdes Cenang Lakukan Assessmen Korban Bencana Angin Puting Beliung

Cenang, (cenang.desabrebes.id) – Angin Puting Beliung menyisakan sejumlah kerusakan pada rumah warga pada bencana alam kemarin di Desa Cenang, Songgom-Brebes.

Badan Penanggulangan Bencana Daeran Kabupaten Brebes (BPBD) bersama jajaran Pemerintah Desa Cenang lakukan assessmen dalam rangka penggalian data kerugian materiil akibat bencana alam angin puting beliung pada sabtu, (08/01/2022).

Petugas BPBD langsung berkoordinasi dengan pihak desa dan sekaligus cek lokasi kejadian, datangi satu persatu korban.

Ada 25 rumah hasil penyisiran yang dilakukan desa bersama Polsek kemarin sesaat setelah bencana.

Dari data tersebut tim BPBD pastikan kerugian yang dialami apa saja.

Ketua tim assessmen menyampaikan bahwa hasil penggalian data ini nanti akan dilaporkan kepada dinas agar ditindaklanjuti perihal bantuan apa saja yang dibutuhkan.

” Kami, dari BPBD akan melihat apa saja kebutuhan matrialnya, selanjutnya dari Kami bisa bantu apa dan Pihak Desa bisa memberikan apa. ” kata salah satu petugas BPBD

Lanjunt, bantuan dari BPBD tidak bisa cepat karena tidak ada dana cadangan melainkan harus mengajukan nota dinas dan surat keputusan, jika tidak keberatan silahkan desa ambil langkah dulu agar korban bisa cepat ditolong terkait perbaikan rumahnya. Lanjutnya

Masih dari BPBD, mungkin proses pengajuan sampai dua minggu untuk itu kami mengharap desa bergerak dulu. Imbuhnya

Pihak Desa sendiri Junedi selaku Kepala Desa Cenang memahami hal tersebut. Untuk itu dari Pihak Desa akan segera memberikan bantuan agar masyarakat yang menjadi korban bisa cepat tertolong.

” kami akan perintahkan kasi pemerintahan agar secepatnya membeli material agar rumah warga yang gentengnya rusak bisa diperbaiki.” kata Junedi

Dari pantauan peliput, terlihat warga, para anggota pemuda pancasila sedang bergotong royong membenahi puing puing yang berserakan akibat hempasan angin.

 

Bagikan ke :

Suara Warga Cenang

Klik untuk bergabung group whatshapp warga desa Cenang

Klik disini

Gabung