Brebes Berhias, Cenang Berkarakter

Camat Songgom Buka Pelatihan PSDM untuk Kader Pembangunan Masyarakat

Songgom (cenang.desabrebes.id) – Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) kecamatan Songgom kabupaten Brebes mengadakan kegiatan pelatihan Peningkatan Sumber Daya Manusia (PSDM) di Aula kecamatan Songgom. Selasa (23/07).

Pelatihan PSDM yang dilaksanakan oleh TPID kecamatan Songgom, Brebes tersebut terselenggara dengan menggunakan anggaran program dari kementrian desa yang bekerjasama dengan TPID kecamatan Songgom, Brebes dengan mengusung tema pencegahan stunting melalui pendeteksian sejak dini di posyandu.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Songgom, Kepala Puskesmas kecamatan Songgom, Tenaga Ahli Dinpermasdes kabupaten Brebes, dan Dinas kesehatan kabupaten Brebes.

Peserta kegiatan PSDM adalah kader aktif dalam kegiatan posyandu, yang sudah diberi mandat dan SK oleh kepala desa untuk melaksanakan tugas sebagai Kader Pembangunan Manusia (KPM) dan Perwakilan perangkat desa untuk mengawal program inovasi desa kedalam pelaksanaan Musyawarah Desa.

Camat Songgom, Moh. Sodiq, S. STP., MSi memberikan sambutan sekaligus penguatan adanya kegiatan inovasi desa di kecamatan Songgom.

Selain itu dirinya juga menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan program pelatihan PSDM tersebut hendaknya dapat dilaksanakan di masing – masing desa. Tujuannya agar Dana Desa yang diberikan kepada pemerintah pusat bisa digunakan dengan sebaik – baiknya.

“Penanganan Stunting di kecamatan Songgom sudah pernah dilaksanakan di desa Dukuhmaja, dan alhamdulillah melalui program yang dilaksanakan oleh pemerintah melalui TPID bisa menurunkan angka stunting di desa tersebut”. tambahnya

Setelah pembukaan kegiatan pelatihan PSDM oleh camat Songgom, acara dilanjutkan dengan paparan materi oleh Kepala Puskesmas  kecamatan Songgom, Brebes yang disampaikan oleh Sri Hartini, S.St selaku bidang koordinator Puskemas kecamatan Songgom.

Dalam paparannya dirinya menyampaikan bahwa kecamatan Songgom merupakan salah satu penyumbang angka stunting terbesar di kabupaten Brebes. Oleh karena itu perlu adanya penanganan dan inovasi yang harus dilakukan untuk menurunkan angka tersebut.

Harapannya dengan diadakannya pelatihan PSDM peserta yang sudah dilatih akan menggali data secara langsung ke lapangan, dan setelah desa mendapatkan data tersebut maka pemerintah desa akan melakukan penanganan melalui inovasi pada pelaksanaan posyandu di desa.

(red/IF)

Bagikan ke :

Suara Warga Cenang

Klik untuk bergabung group whatshapp warga desa Cenang

Klik disini

Gabung

Alamat

Jl. Raya Wijahan Cenang Kecamatan Songgom - Brebes, Kode Pos 52266

Peta Lokasi

Desa Cenang © 2018