Chat with us, powered by LiveChat
Brebes Berhias, Cenang Berkarakter

Kemendes Observasi Lapangan Tentang Implementasi SIPBM

Brebes (cenang.desabrebes.id) – Tahun 2016 – 2018 telah di laksanakan Pilot Program Integrasi Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat (SIPBM) ke dalam Perencanaan Pembangunan Desa. Kamis (17/01).

Program ini merupakan kerjasama Kementrian Desa, PDT dan Transmigrasi dengan UNICEF.

Diskusi Implementasi SIPBM yang di hadiri oleh TA PMD, TA PID Kabupaten Brebes, PD Kecamatan Songgom, Kepala Desa Cenang dan PID kecamatan Songgom, serta H. Bahrul Ulum.

Kegiatan dilaksanakan di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan di buka secara langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Brebes, Rofiq Qoidul Adzam, SH.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Rofiq Qoidul Adzam menyampaikan, bahwa Pilot Projek Program SIPBM di Kabupaten Brebes masih bersifat manual sehingga harapanya di Pilot Program yang akan di luncurkan Kementrian Desa di tahun 2020 yang bebasis Android Data akan lebih Valid dan tepat sasaran.

Kabupaten Brebes merupakan salah satu Kabupaten yang menjadi Pilot Projek Program SIPBM, selain itu Kabupaten Brebes juga telah melaksanakan Program Inovasi Desa (PID) di beberapa Desa di Kabupaten Brebes.

Kasubdit Advolasi Peraturan Desa, Ir. Eppy Lugiarti, M. P. menyampaikan bahwa sebagai upaya untuk merencanakan dan memadukan kedua Program tersebut maka diperlukan Data yang lengkap, sehingga dalam pelaksanaan Program Inovasi Desa tepat sasaran.

Eppy juga menyayangkan, dari 4 Desa yang menjadi Pailot Program Sistim Pembangunan Berbasis Masyarakat di Kabupaten Brebes, hanya satu Desa saja yang berjalan dan bisa menyajikan data secara lengkap baik by name maupun by addres yaitu Desa Cenang.

“Untuk memadukan antara Program SIPBM dengan Program Inovasi Desa diperlukan Data yang lengkap yang bersumber dari data SIPBM, namun pada pelaksanaan Program Inovasi Desa yang di laksanakan di beberapa Desa dikabupaten Brebes belum memiliki Data SIPBM tersebut, sehingga Pelaksanaan Program Inovasi Desa belum bisa tepat Sasaran, dikarenakan Inovasi yang di replikasi tidak bisa di tempatkan di desa tersebut” tutur Eppy.

Kepala Desa Cenang Imam Rifa’i yang saat itu di undang dan hadir menyampaikn, bahwa Program SIPBM di Desa Cenang secara Implementasi sudah dilaksanakan Rekonfirmasi secara valid dan data SIPBM ini merupakan sebagai arah kebijakan Pembangunan Desa.

(shrmn)

Bagikan ke :

Suara Warga Cenang

Klik untuk bergabung group whatshapp warga desa Cenang

Klik disini

Gabung

Alamat

Jl. Raya Wijahan Cenang Kecamatan Songgom - Brebes, Kode Pos 52266

Peta Lokasi

Desa Cenang © 2019