Chat with us, powered by LiveChat
Brebes Berhias, Cenang Berkarakter

Taman Sehat Desa Cenang Cegah Berbagai Macam Penyakit

Cenang(cenang.desabrebes.id) – Pemerintah Desa Cenang berkomitmen untuk memenuhi pelayanan kepada masyrakat. Salah satunya di bidang kesehatan yaitu membangun taman sehat untuk mencegah berbagai macam penyakit, misalnya stroke.

Pemerintah Desa Cenang mengalokasikan 4% dari Dana Desa sebesar Rp.52.000.000-, untuk kebutuhan kesehatan yang meliputi sarana posyandu, Pemberian Makanan Tambahan (PMT) balita dan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) lansia. Adapun pembangunan taman sehat sepanjang 40 meter ini bersumber dari bagi hasil pajak dan retribusi daerah tahun 2018 sebesar Rp.29.000.000-,. Taman sehat yang berlokasi di Rw 05 tepatny di depan MTs. Riyadlotul ‘Uqul ini diharapkan dapat digunakan semaksimal mungkin oleh masyarakat sebagai sarana kesehatan.

Saat ditemui di lokasi pembangunan taman, Kepala Desa Cenang, Songgom, Brebes Imam Rifai mengatakan taman ini digunakan untuk berolahraga yang pastinya bisa menyehatkan badan, Jum’at (11/01).

“Masyarakat yang punya penyakit stroke bisa memanfaatkan taman sehat ini untuk berolahraga, baik pagi ataupun sore hari karena dibangun jalan berbatuan yang bisa membantu penyembuhan stroke dan penyakit lainnya”, jelas Rifai.

Rifai menambahkan Masyarakat bebas menggunakan taman sehat ini karena gratis, yang terpenting adalah bersama-sama menjaga dan merawat semua hasil pembangunan desa. Jangan hanya di awal pembangunannya saja, setelah itu terbengkalai dan lama-lama rusak.

Proses pembangunan taman sehat ini dimulai pada bulan Desember tahun 2018 dan masih berlangsung sampai saat ini. Sesuai rencana akhir Januari 2019 selesai, sehingga bulan Februari sudah bisa difungsikan.

Salah satu warga Janah yang melihat proses pembangunan ini mengungkapkan pembangunan taman sehat ini ide yang cemerlang pemerintah desa.

“Taman sehat ini akan menambah keasrian bagi lingkungan sekitar karena tanaman hijau sepanjang jalan membuat udara lebih segar dan sedap dipandang”, kata Janah.
Selain untuk penderita stroke jalur bebatuan ini bisa dimanfaatkan oleh ibu hamil dan pastinya menjadi lokasi baru untuk berselfi, imbuh Janah dengan sumringah. (JW)

Bagikan ke :

Suara Warga Cenang

Klik untuk bergabung group whatshapp warga desa Cenang

Klik disini

Gabung

Alamat

Jl. Raya Wijahan Cenang Kecamatan Songgom - Brebes, Kode Pos 52266

Peta Lokasi

Desa Cenang © 2019