Chat with us, powered by LiveChat
Brebes Berhias, Cenang Berkarakter

Lokakarya Tahap II Pendokumentasian Mekanisme Pelaksanaan GKB

Tegal, (cenang.desabrebes.id) – Gerakan Kembali Bersekolah merupakan gebrakan yang sedang menggaung di tahun 2019. yang kemudian tahapan demi tahapan untuk menimplementasikan gerakan ini dilakukan mulai dari pendokumentasian langkah – langkah yang harus dilakukan demi terselenggarakannya program Gerakan Kembali Bersekolah secara berkesinambungan. pertemuan  lokakarya pendokumentasian mekanisme pelaksanaan gerakan kembali bersekolah tahap II pun dilakukan melibatkan para pegiat dan pencetus Gerakan kembali Bersekolah BAPEDA, FMPP, PKBM, DINPERMADES, KOMPAK di Hotel Primebiz Tegal. Senin, (26/08/2019).

hal ini dilakukan agar kedepan baik kabupaten dan desa mempunyai panduan untuk mengaplikasikan kegiatan atau program serupa dengan dibuatnya Panduan GKB agar langkah dan tahapannya bisa dilaksanakan bagi desa yang akan mengimplementasikan program ini.

Adapun Isu strategis pembangunan Kabupaten Brebes masih berkisar pada Indek Pembangunan Manusia (IPM) yang masih rendah di tingkat Provinsi. Tiga indikator pendukung IPM adalah Pendidikan, Kesehatan, dan Ekonomi. Upaya meningkatkan IPM Kabupaten Brebes khususnya di bidang pendidikan, salah satunya melalui pengembalian anak tidak sekolah kembali bersekolah melalui program Gerakan Kembali Bersekolah.

GKB ini dirintis sejak tahun 2016, dimana ada desakan dari masyarakat pemerhati pendidikan yang merintis awal dengan mengembalikan Anak Tidak Sekolah melalui sekelompok kecil yang saat itu dinamakan Celoteh Brebes Membangun (CBM), mereka secara swadaya melakukan upaya rekonfirmasi anak yang tidak sekolah, mengembalikan ke sekolah, menggalang dana swadaya, dan melakukan pendampingan baik di sekolah maupun di rumah ATS yang ada dengan mengembalikan ATS saat itu hanya 30 anak saja yang tersebar di Kecamatan Larangan dan Ketanggungan.

Selanjutnya, pengalaman selama melakukan upaya pengembalian, lalu di FGD kan dilevel pemerintah Kabupaten Brebes secara intensif, dan tahun 2017 mulailah di canangkan launching Gerakan Kembali Bersekolah oleh Bupati Brebes di Pendopo Brebes dengan menghadirkan Forkompinda, Forkompincam, Organisasi Perangkata Daerah di lingkungan Pemkab Brebes, Dunia Usaha, Perguruan Tinggi, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, LSM, Media, dan perwakilan Kepala Desa dan pengurus FMPP yang terbentuk.

upaya yang dilakukan kabupaten brebes Sosialisasi GKB dilakukan langsung oleh Bupati secara maraton di 17 kecamatan se-Kabupaten Brebes. GKB ini selain melibatkan FMPP juga melibatkan dunia usaha dan dunia industri yang ada di Kabupaten Brebes, dan telah berhasil mengentaskan ATS sebanyak 1.212 anak untuk kembali bersekolah pada tahun 2017.

Pada tahun 2018 Pemerintah Kabupaten Brebes mengalokasikan anggaran pembiayaan GKB sebesar 5,7 Milyar rupiah untuk membiayai sebanyak 5.000 ATS di bidang pendidikan formal dan nonformal. Namun teralisasi hanya ada 4.074 ATS yang dikembalikan ke sekolah.

Selanjutnya untuk tahun 2019 Pemerintah Kabupaten Brebes menganggarkan dana sebesar 1,7 Milyar untuk pengembalian ATS kembali bersekolah di bidang formal, sedangkan untuk nonformal dibiayai melalui anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Formal BOP Kesetaraan tahun 2019.

ada 4 Tim penyusun panduan yang bertugas menyusun materi harapannya Keberhasilan dalam pelaksanaan GKB Kabupaten Brebes inilah akhirnya menjadi salah satu Kabupaten/kota di Indonesia yang dilibatkan dalam menyusun  Strategi Nasional (STRANAS) penanganan ATS di Kementrian PPN / Bappenas, dan masuk 40 Top Inovasi Pelayanan Publik di Indonesia yang diselenggarakan oleh Kemenpan & RB  Republik Indonesia.

Bagikan ke :

Suara Warga Cenang

Klik untuk bergabung group whatshapp warga desa Cenang

Klik disini

Gabung

Alamat

Jl. Raya Wijahan Cenang Kecamatan Songgom - Brebes, Kode Pos 52266

Peta Lokasi

Desa Cenang © 2019