Chat with us, powered by LiveChat
Brebes Berhias, Cenang Berkarakter

Menjadi Orang Tua Cerdas di Era Milenial

Cenang(cenang.desabrebes.id) – Mengasuh dan mendidik anak di era milenial ini mempunyai tantangan tersendiri. Banyak hal negatif yang ditimbulkan dari perkembangan zaman ini. Misalnya penggunaan gadget yang tidak bijak pada anak.
Di era milenial ini yang dipengaruhi teknologi canggih menuntut orang tua untuk menjadi cerdas dalam mendidik dan mengasuh anak.

Hal itulah yang mendasari diadakannya pendidikan orang tua (parenting) oleh Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyrakat Cenang(PATBM) dan bekerjasama dengan Pusat Pelayanan Keluarga Brebes(Puspaga) yang bertempat di gedung PAUD HARUM Cenang, Selasa (8/1/2019).

Di hadapan 30 wali murid PAUD Harum, Psikolog Puspaga Desi Niawati,S.Psi menjabarkan secara rinci mengenai pola asuh anak di era gadget ini.

“Zaman sekarang banyak kenakalan remaja yang terjadi akibat penggunaan gadget. Sebagai orang tua harus mengasuh anak dan remaja dengan penuh cinta, bukan memberikan cinta tapi biarkan anak merasakan cinta dari kita”, kata Desi.

Desi melanjutkan ada 4 tahap pola asuh anak dan remaja yaitu pola asuh dalam kandungan, pola asuh pengembangan anak usia dini (0-6 thn), pola asuh anak usia sekolah(7-18 thn), dan pola asuh anak remaja sebelum 20tahun.

Anak mendapat perlakuan yang berbeda disetiap tahapnya. Anak harus sudah disiapkan pendidikannya ketika dalam kandungan. Selanjutnya dalam tahap usia dini, anak-anak hanyalah sebagai peniru. Mereka tidak bisa memilih dan memilah, makanya orang tua harus memberikan contoh dan karakter yang baik. Gunakan bahasa yang positif untuk melarang anak.

“Sedangkan pola asuh anak remaja sebelum 20tahun, orang tua harus menganggap anaknya sebagai teman sehingga komunikasi dan diskusi lebih terbuka. Orang tua menjadi pendengar yang baik, biarkan anak mengeluarkan pendapatnya. Jangan memaksakan kehendak secara otoriter kepada anak karena akan mengakibatkan anak terkekang dan mencari kebebasan diluar”,tambah Desi.

Sementara itu, Ketua PATBM Cenang Sahirman menuturkan bahwa kegiatan parenting ini program kerja PATBM tahun 2018.

“Hari ini ada 3 kegiatan parenting yang dilaksanakan di PAUD Harum, Kelompok Bermain Al Hidayah , dan SD Maarif 2 NU”, ujarnya.

(JW)

Bagikan ke :

Suara Warga Cenang

Klik untuk bergabung group whatshapp warga desa Cenang

Klik disini

Gabung

Alamat

Jl. Raya Wijahan Cenang Kecamatan Songgom - Brebes, Kode Pos 52266

Peta Lokasi

Desa Cenang © 2019