Chat with us, powered by LiveChat
Brebes Berhias, Cenang Berkarakter

Menjaga Tradisi, Ziarah Kubur di Hari Kemenangan

Cenang (cenang.desabrebes.id) – Warga desa Cenang melaksanakan tradisi ziarah makam kubur di hari raya Idul Fitri 01 Syawal 1440 H, di komplek pemakaman umum Dukuh Wijahan Desa Cenang. Rabu (05/06).

Setelah melaksanakan shalat Ied berjamaah di masjid, warga desa Cenang melaksanakan tradisi berziarah ke makam untuk mengenang dan mendoakan ahli kubur orangtua dan keluarganya yang sudah meninggal dunia.

Kegiatan tersebut sudah rutin dilaksanakan oleh warga setempat dengan cara berkunjung ke komplek pemakaman umum kemudian membaca doa bersama dan diakhiri dengan tabur bunga diatas makam.

Biasanya warga memenuhi komplek pemakaman sekitar pukul 08.00 – 09.00 WIB, kebanyakan dari mereka melaksanakan kegiatan sungkeman (Memohon ampun kepada orangtua dan keluarga) terlebih dahulu sebelum pergi ke komplek pemakaman.

Salah seorang peziarah bernama Sahuri mengungkapkan bahwa kegiatan ziarah makam tersebut sebagai wujud penghormatan kepada orangtua, kerabat dan keluarga yang sudah meninggal dunia. Selain itu ziarah kubur juga sebagai ajang silaturrahmi bagi warga yang tidak sempat berkunjung kerumah masing – masing.

“Sebagai umat muslim kita dianjurkan untuk melaksanakan kegiatan ziarah kubur, sebagai pengingat bahwa nanti kita juga akan meninggal dunia dan dikuburkan sama seperti mereka yang ada di sini.” Imbuhnya

Meskipun banyak dari warga desa Cenang yang merantau ke kota, namun mereka tidak pernah meninggalkan tradisi untuk berziarah kubur ke makam keluarganya, terlepas dari polemik perbedaan keyakinan dan kepercayaan yang dianutnya.

(Red/IF)

Bagikan ke :

Suara Warga Cenang

Klik untuk bergabung group whatshapp warga desa Cenang

Klik disini

Gabung

Alamat

Jl. Raya Wijahan Cenang Kecamatan Songgom - Brebes, Kode Pos 52266

Peta Lokasi

Desa Cenang © 2019