Chat with us, powered by LiveChat
Brebes Berhias, Cenang Berkarakter

Musdes Bentuk Kerjasama Pemerintah dengan Masyarakat

Cenang(cenang.desabrebes.id)-Sudah menjadi agenda tahunan bagi Pemerintah Desa untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa(RKPDes) melalui musyawarah desa(musdes). Dalam penyusunan tersebut tersampaikan ratusan aspirasi masyarakat, namun tidak semuanya bisa terealisasi. Perwakilan masyarakat hadir guna menyampaikan pendapatnya untuk pembangunan tahun 2020 baik fisik ataupun sumber daya manusianya,Selasa(12/11/2019).

Acara dilaksanakan di Aula Balai Desa Cenang,Songgom,Brebes yang dihadiri oleh Perangkat Desa,BPD,Perwakilan Kecamatan,Tokoh Masyarakat,Tokoh Agama,Tokoh Pemuda,dan RT/RW.

Dalam sambutannya Perwakilan Camat Songgom, Agus Purwanto memberi pesan bahwa dana desa yang dikucurkan Pemerintah pusat pastinya tidak akan langgeng , lambat laun jumlahnya akan menurun. Karena dana tersebut merupakan stimulan dari Pemerintah Pusat supaya pada akhirnya masyarakat desa mampu mandiri mengembangkan dan memperoleh dana sendiri. Maka dari itu masyarakat desa diharapkan tidak hanya mengandalkan dana desa, tapi meningkatkan potensi desa.

Kepala Desa Cenang Imam Rifai memandu secara langsung proses musyawarah. Berbagai macam usulan diutarakan, dari pengaspalan,pavingisasi,drainase,serta peningkatan sumber daya manusianya yaitu melalui peningkatan pendidikan. Tidak semuanya bisa langsung dibangun namun dilihat dari yang paling prioritas terlebih dahulu. Sedangkan usulan yang belum tercapai dijadikan rencana tahun 2021.

Berdasarkan kesepakatan maka beberapa usulan yang masuk dalam RKPDes Tahun 2020 antara lain pembuatan drainase dari rumah ibu Cati ke ibu Fatikha, drainase dari ibu Triana sampai bapak Wajad,beton sheet ibu sariah sampai bekas rel,pengaspalan jalan dari rumah bapak parihin sampai Tolani ditambah dengan talud,serta pengaspalan dari rumah ibu Misah sampai rumah ibu Runtiah.

Berbagai macam usulan ini merupakan bentuk kerjasama antara masyarakat dengan Pemerintah Desa. Setelah usulan itu terpenuhi, masyarakat secara bersama-sama wajib menjaga supaya tidak cepat rusak.(JW)

Bagikan ke :

Suara Warga Cenang

Klik untuk bergabung group whatshapp warga desa Cenang

Klik disini

Gabung

BABAK BARU PILKADES CENANG

Cenang(cenang.desabrebes.id)-Pemilihan Kepala Desa Cenang memasuki babak baru. Segala persiapan dilakukan

Alamat

Jl. Raya Wijahan Cenang Kecamatan Songgom - Brebes, Kode Pos 52266

Peta Lokasi

Desa Cenang © 2019