Chat with us, powered by LiveChat
Brebes Berhias, Cenang Berkarakter

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes), Agenda Awal Kemajuan Desa

Cenang (cenan.desabrebes.id) -Setelah mengadakan Musyawarah Dusun(Musdus) dan Musyawarah Desa(Musdes) bulan September tahun lalu, Pemerintah Desa Cenang menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) untuk menetapkan prioritas program dan pembangunan desa tahun 2020, Senin (7/1/2019).

Acara berlangsung di Balai Desa Cenang yang dihadiri oleh perwakilan masyarakat,tokoh agama/pemuda, dan perangkat lainya.

Sebelum musyawarah dimulai, Sekretaris Desa Cenang Sugeng Mulyono memaparkan kegiatan pembangunan desa yang telah dilaksanakan pada tahun 2018.

“Selama tahun 2018 Pemerintah Desa Cenang telah melaksanakan pembangunan dengan menggunakan dana desa dan pendapatan lain. Pembangunan tersebut mengacu pada hasil musyawarah tahun 2017”, papar Sugeng.

Pembangunan infrastruktur itu misalnya pengaspalan jalan desa, pavingisasi, pembuatan drainase, pembuatan pos kamling, pembangunan pondasi polindes, dan pembangunan lainya. Meskipun masih ada pembangunan yang belum selesai 100%.

Dana Pembangunan tersebut tidak hanya bersumber dari Dana Desa saja sebesar Rp. 1.275.670.000,- namun ada sumber dana lainya antara lain Pendapatan Asli Desa (PAD) sebesar Rp. 90.700.000,- Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp.470.916.000, Silpa tahun 2017 sebesar  Rp.94.000.000,- serta bagi hasil pajak dan retribusi sebesar Rp.35.291.000,- Tentunya sumber dana itu tidak hanya digunakan di bidang pembangunan desa saja tetapi Bidang Penyelenggaraan Pemerintah Desa dan Bidang Pemberdayaan Masyarakat.

Kepala Desa Cenang Imam Rifai memimpin musyawarah tersebut. Sesuai dengan komitmennya, pembangunan tidak hanya menitik beratkan pada pembangunan fisik saja.

“Pembangunan fisik telah bersama-sama kita kerjakan tetapi jangan lupa orangnyapun harus dibangun. Misalnya dengan mendukung Gerakan Kembali Bersekolah (GKB) dan Forum Masyarakat Perduli Pendidikan(FMPP). “,jelas kepala desa.

Usulan-usulan yang telah disepakati saat musyawarah desa diharapkan berjalan lancar dan butuh peran serta masyarakat dalam pelaksanaannya.

Adapun usulan kegiatan hasil musrenbangdes kepada Pemerintah Provinsi/Kabupaten tahun 2020 yaitu pengerasan jalan poros tegalurung-wijahan, pengerasan jalan rel kereta rw 06-arah Gegerunci, dan pengerasan jalan bekas rel rw 01. (JW)

Bagikan ke :

Suara Warga Cenang

Klik untuk bergabung group whatshapp warga desa Cenang

Klik disini

Gabung

Alamat

Jl. Raya Wijahan Cenang Kecamatan Songgom - Brebes, Kode Pos 52266

Peta Lokasi

Desa Cenang © 2019