Chat with us, powered by LiveChat
Brebes Berhias, Cenang Berkarakter

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Panitia PILKADES Tahap 2

Songgom, (cenang.desabrebes.id)- Camat Songgom mengambil sumpah dan melantik Panitia PILKADES di Aula Kantor Kecamatan Songgom – Brebes. Kamis (03/10).

Pengambilan sumpah dan Pelantikan dilaksanakan oleh 4 (empat) desa yang melaksanakan Pilkades Tahap 2 yakni desa Cenang, Jatirokeh, Karangsembung, dan Wanatawang.

Kegiatan tersebut hadiri oleh semua Panitia dan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Turut hadir Kapolsek, Danramil, dan Camat Songgom.

Jumlah panitia pilkades di masing – masing desa beraneka ragam ada yang berjumlah 7 orang ada yang 11 orang. Hal tersebut terjadi karena didalam peraturan bupati hanya menuliskan jumlah minimal 5 (lima) orang dan maksimal 11 (sebelas) orang panitia. Desa Jatirokeh misalnya, ada 11 orang yang terdiri ketua hingga anggota.

” Daftar Pemilih Tetap (DPT) Desa Jatirokeh ada 8.700 Orang, jadi dibutuhkan jumlah panitia yang banyak.” Disampaikan oleh Moh Said selaku Sekdes sekaligus anggota Panitia Pilkades.

Sementara itu panitia pilkades Desa Cenang  memilih jumlah 7 Orang untuk menjadi panitia pilkades tahun ini.

Menurut Suratno selaku Ketua BPD Desa Cenang dirinya mengatakan bahwa selain jumlah DPT yang hanya 7.000 orang, perencanaan anggaran yang ada juga minim sehingga jumlah Panitia hanya 7 orang.

Dalam kesempatan yang sama Kapolsek Songgom Sunarto menyampaikan bahwa pelaksanaan pilkades pada tahap 1 berlangsung secara kondusif dan tidak ada permasalahan yang berarti, itu berkat koordinasi dan komunikasi yang terjalin dengan baik.

“Perlu diingatkan kembali bahwa panitia harus bekerja dengan ikhlas sehingga semua bisa lancar.” Tambah Sunarto.

Dirinya juga menghimbau kepada panitia supaya berpegang pada aturan jangan berpegang pada prinsip yang hanya mementingkan satu golongan, ini terjadi di desa Songgom ada oknum panitia yang memihak salah satu calon, hal tersebut bisa menimbulkan masalah.

“Untuk itu Kapolsek menghimbau agar panitia harus bekerja dengan baik dan menjunjung tinggi netralitas, Kompak dan tidak mudah terprovokasi. Pungkasnya.

Camat Songgom Mochamad Sodiq, S.STP, M.Si. pada sesi akhir memaparkan bimbingan teknis untuk panitia Pilkades pada tahapan pelaksanaan Pilkades dan pembahasan Rencana Anggaran Biaya (RAB) perlu diketahui bahwa ada 2 sumber anggaran yaitu APBD Kabupaten dan APBDES Desa Masing-masing.

Besarannya jika APBD 40 juta dan APBDes disesuaikan dengan jumlah DPT jika DPT 3 ribu – 4 ribu maka 30 juta 4 ribu – 7 ribu 40 juta dan  lebih dari 7 ribu maka 50 juta dan seterusnya.

Bagikan ke :

Suara Warga Cenang

Klik untuk bergabung group whatshapp warga desa Cenang

Klik disini

Gabung

BABAK BARU PILKADES CENANG

Cenang(cenang.desabrebes.id)-Pemilihan Kepala Desa Cenang memasuki babak baru. Segala persiapan dilakukan

Alamat

Jl. Raya Wijahan Cenang Kecamatan Songgom - Brebes, Kode Pos 52266

Peta Lokasi

Desa Cenang © 2019