Chat with us, powered by LiveChat
Brebes Berhias, Cenang Berkarakter

Pelatihan Penguatan Administrasi kependudukan dan Statistik Hayati

Semarang, (cenang.desabrebes.id) – Penguatan Administrasi Kependudukan dan Statistik Hayati (PASH) dihadiri oleh perwakilan dari dinas kependudukan dan catatan sipil 3 kabupaten. Brebes, Pemalang dan Pekalongan kegiatan yang digawangi oleh Kolaborasi Masyarakat Pelayanan dan Kesejahteraan (KOMPAK) bersama Pusat Kajian Perlindungan Anak (PUSKAPA) adalah Lembaga kemitraan Pemerintah Indonesia dengan Australia.

Hal ini dilakukan dalam rangka upaya penanganan Administrasi Kependudukan yang dirasa sangat penting, Dokumen Kependudukan KTP, KK, Akta Kelahiran, Kartu Identitas Anak dan lain-lain.

Fasilitator PASH merupakan solusi terhadap ketiadaan Petugas Registrasi Desa. Sebagaimana diamanatkan UU Administrasi Kependudukan dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 119 Tahun 2017 tentang pengangkatan dan pemberhentian serta tugas pokok petugas pencatatan sipil dan petugas registrasi.

Karena diangkat oleh Bupati/Wali Kota, pembiayaan Petugas Registrasi bersumber dari APBD. Padahal tidak semua kabupaten/kota memiliki kemampuan untuk membiayai Petugas Registrasi. Akibatnya, dibanyak kabupaten/kota tidak ada petugas di desa yang memfasilitasi kebutuhan dokumen kependudukan. Pemohon harus datang sendiri ke kecamatan atau Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dinas Dukcapil) untuk mendapatkan dokumen. Semakin jauh domisili pemohon dari kecamatan atau Disdukcapil, semakin besar biaya yang harus dikeluarkan.

Menyiasati hal tersebut, pemerintah daerah berinisiatif mendorong pembentukan Fasilitator PASH di desa.

Pengangkatan Fasilitator PASH oleh desa juga sesuai dengan pasal 12 ayat 2 Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang menyebutkan tugas-tugas yang dapat diserahkan oleh daerah kepada desa salah satunya adalah urusan wajib terkait administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Selain itu, keberadaan Fasilitator PASH di desa juga sejalan dengan tujuan dari Standar Pelayanan Minimal (SPM) Desa yang disebutkan dalam pasal 2 Permendagri 2/2017 tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM) Desa yaitu dapat mempermudah pelayanan, mempercepat pelayanan dan menjadikan pelayanan lebih efektif. Melalui SPM Desa, Pemda memberikan target kepada Desa untuk menyediakan data kependudukan yang akurat.

Banyak sekali dijumpai warga yang belum mempunyai dokumen tersebut, KOMPAK dan PUSKAPA sebagai pemerhati pelayanan dan kesejahteraan mencoba membantu menyelesaikan permasalahan itu dengan melatih para pelatih fasilitator adminduk desa, diharapkan dengan dilatihnya fasilitator adminduk desa masalah yang berkaitan dengan administrasi kependudukan desa di 3 kabupaten ini bisa tereselesaikan.

Bagaimana peran fasilitator adminduk desa, yang dulu disbut sebagai petugas register sekarang diubah menjadi fasilitator adminduk desa apa dan bagaimana tugasnya, fasilitator disini diangkat dan diberhentikan oleh Kepala Desa bertugas memfasilitasi layanan bagi warga desa dalam hal pengurusan administrasi kependudukan seperti Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Kartu Identitas Anak dan lain sebagainya terkait dengan dokumen kependudukan.

Bagaimana tugas fasilitator adminduk desa, dia bertugas memberikan sosialisasi, indentifikasi, verifikasi, validasi mendaftarkan penduduk dalam hal permohonan dokumen kependudukan dan memastikan penerbitan dokumen adminduk warga desa. Keberadaan fasilitator adminduk dibebankan pada APBDES besarannya disesuaikan dengan Peraturan Desa.

Kedudukan fasilitator adminduk sebagai ujung tombak penggalian data pencatatan dan penyelesaian bagi warga yang belum tersentuh sama sekali terkait dokumen kependudukan atau warga rentan administrasi. Selain itu fsilitator adminduk juga merupakan mitra desa dan dinas kependudukan dan catatan sipil (Dindukcapil).

Bagikan ke :

Suara Warga Cenang

Klik untuk bergabung group whatshapp warga desa Cenang

Klik disini

Gabung

BABAK BARU PILKADES CENANG

Cenang(cenang.desabrebes.id)-Pemilihan Kepala Desa Cenang memasuki babak baru. Segala persiapan dilakukan

Alamat

Jl. Raya Wijahan Cenang Kecamatan Songgom - Brebes, Kode Pos 52266

Peta Lokasi

Desa Cenang © 2019