Brebes Berhias, Cenang Berkarakter

Penyerahan Sertipikat Program PTSL Desa Cenang

Selasa, 27 April 2021

Cenang (cenang.desabrebes.id) – Penyerahan Sertipikat Hak Atas Tanah Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) TA 2021 di Desa Cenang Kecamatan Songgom, Brebes ooleh BPN Kabupaten Brebes. Selasa (27/04/2021)

PTSL adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu. Melalui program ini, pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat.

PTSL yang populer dengan istilah sertifikasi tanah ini merupakan wujud pelaksanaan kewajiban pemerintah untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah masyarakat. Selain itu nantinya masyarakat yang telah mendapatkan sertifikat dapat menjadikan sertifikat tesebut sebagai modal pendampingan usaha yang berdaya dan berhasil guna bagi peningkatan kesejahteraan hidupnya.

Disampaikan oleh kepala desa Cenang bahwa program PTSL di desa Cenang Kecamatan Songgom, Brebes sudah berlangsung selama 2 (dua) tahun. Menurutnya pelaksanaan program PTSL tersebut sangat membantu warga untuk mendapatkan hak atas tanahnya yang diakui legal secara hukum.

“Alhamdulillah sertipikat yang kita tunggu sudah jadi, dan ini merupakan wujud bahwa kinerja daripada pemerintah desa telah membuahkan hasil. Kami sampaikan terimakasih kepada segenap panitia pelaksana lapangan dan BPN Kabupaten selaku penyelenggara program.” Ujar Kades Cenang

Dirinya juga berpesan kepada warganya untuk gethok tular kepada tetangga ataupun saudaranya bahwa sertipikat sudah jadi, dan mekanisme pengambilan melalui undangan dari pemerintah desa.

Gamabar ; Penyerahan Sertipikat Hak Atas Tanah

Dalam kesempatan tersebut BPN Kabupaten Brebes melalui Abdul Latif selaku pelaksana program mengatakan bahwa sertipikat yang sudah tercetak untuk desa Cenang Kecamatan Songgom, Brebes sejumlah 1.700 sertipikat. Dan akan didistribusikan mulai bulan April hingga Mei mendatang.

“Bagi warga yang akan mengajukan pembuatan sertipikat masih ada kuota untuk desa Cenang, dan kami tunggu hingga bulan Agustus. Dan bagi warga yang sudah mendapatkan sertipikat harap dijaga dan dipelihara dengan benar.” Imbuhnya

Dirinya juga berpesan kepada warga bahwa program PTSL merupakan program langsung dari Presiden, sehingga segala kebutuhan yang berkaitan dengan program tersebut sudah di danai oleh pemerintah. Apabila ada oknum yang memanfaatkan program tersebut demi kepentingan pribadi harap segera dilaporkan kepada pihak yang berwenang.

Red/IF

Bagikan ke :

Suara Warga Cenang

Klik untuk bergabung group whatshapp warga desa Cenang

Klik disini

Gabung