Chat with us, powered by LiveChat
Brebes Berhias, Cenang Berkarakter

Peran Jurnalis Warga bagi Desa

Brebes, (cenang.desabrebes.id) – dunia informasi begitu cepatnya ketinggalan jika kemudian tidak mengikuti dan upgrade diri. informasi hanya hitungan detik bisa kita dapat bahkan dunia sudah ada dalam genggaman, dengan makin canggihnya teknologi informasi dan adanya smartphone (telepon pintar.red).

demi menjawab kebutuhan akan informasi serta publikasi yang diharapkan bisa membawa perubahan, maka desa diharapkan mempunyai jurnalis warga seperti yang sudah diinisiasi oleh H. Bahrul Ulum selaku pentolan media cbmnews.com.

” jurnalis warga sangat membantu desa ketika ada informasi yang perlu disampaikan dan publikasikan tapi tidak tersentuh oleh media masa selain tidak terjangkau, butuh banyak biaya juga dan media yang notabene pencari berita lebih memilih berita yang lagi ramai di perbincangkan saja tidak kemudian turun langsung ke pelosok – pelosok desa. ” tutur Bahrul ulum dalam kajian FGD dengan Dosen Magister Ilmu Komunikasi Universitas Jendral Soedirman Purwokerto. di Rumah Makan Djitoe Brebes. Selasa, (25/06)

lanjut Bahrul bahwa dengan adanya jurnalis warga maka, informasi didesa-desa bisa terpublikasi sebagai bagian dari transparansi baik segi pembangunan di tingkat desa maupun promosi kearipan lokal desa. banyak juga perubahan yang didapat yaitu sebagai media menyampaikan aspirasi warganya dalam hal kebutuhan infrastruktur dan lain-lain. lanjutnya

sementara itu bahwa perkembangan jurnalis warga dibrebes itu bagus, maka layak dijadikan studi, kami memilih brebes sebagai kawasan research atau penelitian. disampaikan juga bahwa kegiatan penelitian ini bersifat kompetisi yang ditawarkan kepada kami saya selaku ketua tim sedang malanjutkan studi S3. ungkap Sinta Prastianti, MA.

pertemuan dihadiri oleh Edi Santoso selaku Dosen Ilmu Komunikasi Unsoed dan tim, juga jurnalis warga kabupaten brebes yang digawangi oleh H. Bahrul Ulum bertujuan melakukan penelitian terkait seberapa relevannya jurnalis warga bagi desa. (sucen)

Bagikan ke :

Suara Warga Cenang

Klik untuk bergabung group whatshapp warga desa Cenang

Klik disini

Gabung

Alamat

Jl. Raya Wijahan Cenang Kecamatan Songgom - Brebes, Kode Pos 52266

Peta Lokasi

Desa Cenang © 2019