Chat with us, powered by LiveChat
Brebes Berhias, Cenang Berkarakter

Petani Zaman Now

Tegal, (cenang.desabrebes.id) – Puluhan orang dari berbagai profesi ikuti pelatihan hidroponik di Mejasem Hidroponik Centre Jl. Pala Barat I Blok E No. 29 Mejasem Barat Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal. Minggu, (30/06)

Hydro berasal  dari bahasa yunani yang berarti air dan ponik berasal dari kata ponos yang berarti mengerjakan. Hidroponik adalah bagaimana cara memperlakukan air sebagai media tanam yang diatur sedemikian rupa untuk menghasilkan tanaman sayuran dan buah-buahan yang sehat bebas dari pestisida, lebih mudahnya cara budidaya dengan memanfaatkan media air.

Bercocok tanam hidroponik sedang banyak diminati selain sehat juga mudah diaplikasikan tidak perlu lahan luas bisa memanfaatkan lahan kosong disekitar rumah.

Kenapa hidroponik?

Ada banyak keunggulan dari cara bercocok tanam dengan hidroponik yaitu :

  1. Lebih menghemat air disbanding dengan menanam dengan media tanah
  2. Efisiensi tenaga kerja
  3. Bias dilakukan dilahan yang terbatas bahkan dimana saja
  4. Tidak tergantung dengan musim
  5. Pemeliharaan mudah dan terkontrol
  6. Menghasilakan produk sayuran yang bersih, sehat, bercita rasa istimewa serta berpenampilan menarik.
  7. Kualitas dan kuantitas hasil produksi lebih unggul.

Jenis – jenis tanaman hidroponik

Sayur Daun ada bayam, kangkung, sawi, pakcoy (sawi sendok.red), selada, kalian, dan daun bawang. Tanaman herbal seperti mint, basil, rosemary, coriander, theme, parsley. Sayur buah ada paprika/cabe, tomat, timun, terong, labu, melon, semangka, strawberry. Tanaman hiaspun bias seperti rose/mawar, christan, garbera, bunga matahari, anggrek, dan edible flower.

Media tanam Hidroponik

Media Tanam Organic

Media tanam yang menggunakan bahan organic yang pada umumnya menggunakan komponen dari organisme hidup. Dainataranya arang sekam, cocopeat (serabut kelapa yang melalui proses), serbuk gergaji, akar pakis dan peatmoss yaitu bahan mati dari gabungan beberapa komponen didalamnya seperti lumut, rumput dan lain-lain, namun komponen utamanya adalah lumut sphagnum.

Adapun keunggulan dari media tana mini adalah daya simpan air tinggi, menjaga PH tetap stabil, porus sehingga akar mudah berkembang, bobot ringan, mudah didapatkan. Kelemahannya adalah kelembaban media tanam tinggi, sterilitas tidak dapat dijamin, dan hanya sekali pakai.

Media Tanam Anorganik

Media tanam anorganik merupakan media tanam yang menggunakan bahan yang memiliki kandungan unsur mineral yang tinggi yang berasal dari proses pelapukan yang ada di dalam bumi. Seperti rockwool (serat mineral), hydroton (bulatan tanah yang melalui proses dibakar), perlite (jenis batuan vulkanik yang memiliki kandungan air tinggi),

Kelebihan media tana mini adalah dapat dipakai berulang, menjaga pH tetap stabil, porus akar mudah berkembang, sterilisasi lebin terjamin, kelembaban terkontrol. Kekurangannya bobot berat, cepat mengeluarkan air, susah didapat.

Belum cukup sampai disitu bahwa teknik hidroponik juga banyak macamnya

  1. WICK

Adalah budidaya tanaman yang menggunakan sumbu sebagai suplai larutan nutrisi ke akar tanaman sebelum akar tanaman bias mencapai larutan nutrisi dengan sendirinya.

  1. NFT

Nutrient Film Technique adalah metode budidaya tanaman dengan akar tanaman tumbuh pada lapisan nurtisi yang mengalir tipis/film dan tersirkulasi.

  1. DFT

Deep Flow Technique adalah metode budidaya tanaman dengan akar tanaman tumbuh pada lapisan nutrisi dengan kedalaman 4-6 cm dan tersirkulasi.

  1. FLOATING RAFT

Atau lebih dikenal dengan rakit apung adalah budidaya tanaman pada lubang Styrofoam yang diapungkan di atas permukan larutan nutrisi pada bak penampungan sehingga akar tanaman terendam dalam larutan nutrisi.

  1. AEROPONIK

Adalah budidaya tanaman dimana akar tanaman menggantung di udara serta memperoleh unsur hara dari larutan nutrisi yang disemprotkan (nutrisi berbentuk partikel kecil) ke akar.

  1. DUTCH BUCKET SYSTEM (DBS)

Adalah budidaya tanaman dengan media substrate dimana larutan nutrisi diberikan dalam bentuk tetesan secara terus menerus dan kelebihan larutan nutrisi tersebut akan dialirkan kembali menuju bak penampungan.

  1. DRIP IRIGATION

Adalah budidaya tanaman media substrate dimana pemberian larutan nutrisi diteteskan ke dalam media sesuai kebutuhan tanaman.

Yang tidak kalah penting adalah bagaimana tanaman tersebut dapat tercukupi kebutuhan akan makannya dalam budidaya hidroponik itu ada yang namanya nutrisi inilah yang dibutuhkan tanaman adapun nutrisi yang dimaksud adalah nutrisi yang lebih dikenal AB Mix yaitu tardiri dari unsur makro dan mikro kebutuhan tanaman unsur makro antara lain yang terkandung di dalamnya ada Nitrogen (N), Phosphate (P), Kalium (K), Calcium (Ca), Magnesium (Mg) dan Sulfur (S). adapun unsur mikronya adalah Ferrum (Fe), Mangan (Mn), Zink (Zn), Cupper (Cu), Boron (B) dan Molybdenum (Mo). Dimana unsur-unsur tersebut harus dipenuhi jika tidak, maka pertumbuhan tanaman akan terganggu

Demikian paparan saat pelatihan yang disampaikan oleh Sri Yudiarsih atau Bunda Cici.

Mahal memang jika bagi pemula tapi itu tidak jadi kendala bagi Bunda Cici sapaan akrab yang bernama asli Sri Yudiarsih selaku pengelola MHC.

Bagaimana berhidroponik dengan low bugdet (murah.red) dengan hasil yang tidak kalah dengan tehnik seperti layaknya hidroponik.

Sementara itu amir salah satu peserta pelatihan menuturkan “ saya tertarik ketika Imam Rifa’I Kepala Desa Cenang memamerkan budidaya hidroponik di media social saya penasaran dan langsung main kerumah beliau. Tuturnya

Lanjut amir ternyata saya diarahkan untuk ikut pelatihan kebetulan ada angkatan XI saya langsung daftar beserta rekan Afif yang sama – sama berprofesi sebagai tenaga Pendamping PKH di Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes. (Sucen)

Bagikan ke :

Suara Warga Cenang

Klik untuk bergabung group whatshapp warga desa Cenang

Klik disini

Gabung

Alamat

Jl. Raya Wijahan Cenang Kecamatan Songgom - Brebes, Kode Pos 52266

Peta Lokasi

Desa Cenang © 2019