Chat with us, powered by LiveChat
Brebes Berhias, Cenang Berkarakter

Profil Desa sebagai Instrumen SID

                  Songgom-kali ini giliran Kantor kecamatan Songgom Kabupaten Brebes menjadi tempat Bimbingan Teknis dan Update data Profil Desa dihadiri 2 Kecamatan yaitu Songgom dan Kecamatan Larangan. Rabu,(07/11).

Dalam sambutannya Camat Songgom Mochamad Sodiq, S.STP, M.Si mengatakan bahwa data merupakan objek vital dalam perencanaan Pembangunan ke depan, untuk itu dalam pengisian profil desa diharapkan bisa valid dan mewakili keadaan desa yang sebenarnya. Kaitan dengan Beras Miskin (Raskin) yang sekarang berganti istilah Beras sejahtera (Rastra) pada bulan Oktober tidak lagi didistribusikan dalam bentuk beras melainkan dalam bentuk Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) berbentuk kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang mana Rumah Tangga Sasaran (RTS) akan menerima bantuan senilai Rp.110.000/bulan, uang tersebut wajib hukumnya untuk membeli beras bukan yang lain dan sudah tersedia 7 Agen se Kecamatan Songgom yang akan melayani para penerima bantuan. Katanya.

Nah kaitan dengan data sebelum kartu itu didistribusikan maka desa bisa memverifikasi data Miskin Desa dimana diharapkan yang menerima bantuan adalah orang yang benar-benar layak mendapatkan. lanjut, Mochamad Sodiq.

Kemudian materi Bintek Profil Desa dipandu Narasumber dari Sekretaris Desa Cenang Sugeng Mulyono dan Evaluasi Desa oleh Kadus Jatimakmur Ramedon.

Sebelum Bintek cara update data pada aplikasi Profil Desa dan Kelurahan (Prodeskel) dimulai  Sugeng Mulyono menyampaikan Road Map Brebes Single Data yang mana ini berkaitan dengan Sistem Informasi Desa, Profil Desa merupakan salah satu instrumen Sistem Informasi Desa (SID) bahwa tahun 2018 merupakan implementasi dari perencanaan SID tahun sebelumnya maka sudah tidak disarankan dana yang ada untuk membeli sarana dan prasarana melainkan untuk pelatihan dan pembentukan Forum Data, dan untuk Tahun 2019 plot anggaran SID difokuskan untuk Pendataan, Pembuatan Peta Digital Desa serta pemantapan Forum Data tingkat kabupaten menuju Brebes Single Data Tahun 2020.

Adapun skema Perencanaan SID Tahun 2019

  1. Pembentukan Forum Data
  2. Verifikasi dan Validasi Penduduk Fakir Miskin
  3. Bintek Mandiri
  4. Pendataan dengan Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat (SIPBM)
  • (sucen)
Bagikan ke :

Suara Warga Cenang

Klik untuk bergabung group whatshapp warga desa Cenang

Klik disini

Gabung

Alamat

Jl. Raya Wijahan Cenang Kecamatan Songgom - Brebes, Kode Pos 52266

Peta Lokasi

Desa Cenang © 2019