Chat with us, powered by LiveChat
Brebes Berhias, Cenang Berkarakter

Profil Desa

Desa Cenang, kecamatan Songgom, Kabupaten Brebes, provinsi Jawa Tengah merupakan satu  dari 10 desa di kecamatan Songgom yang mempunyai jarak 24 km dari kota kabupaten. Secara geografis Desa Cenang sendiri terletak di perbatasan dengan:

Sebelah Utara            : Desa Wanatawang
Sebelah Timur           : Desa Jatirokeh
Sebelah Selatan         : Desa Gegerkunci
Cébela Barat               : Kec. Larangan

Desa Cenang terdiri dari 3 dusun 9 RW dan 37 RT dengan luas 326 Ha, dengan potensi perangkatnya terdiri dari Seorang Kepala Desa (Kades), satu orang Sekretaris Desa (Sekdes), lima orang kaur dan dua Kepala Dusun (Kadus) mempunyai jumlah penduduk 8628 orang yang terdiri dari 4359 orang laki-laki dan 4269 orang perempuan, dan dengan jumlah Rumah Tangga Miskin (RTM) berjumlah 871  RTM.

Berkaitan dengan proses fasilitasi pembuatan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa Cenang merupakan kebutuhan yang mendesak terutama proses pengambilan keputusan yang dilakukan secara partisipatit dan demokratis. Sehingga dokumen RPJM-Desa tersebut mendapat dukungan dan legalitas dari semua unsur masyarakat.

Kondisi Desa

Letak topografis tanahnya datar, dengan lahan sebagian besar dimanfaatkan oleh masyarakat untuk lahan pertanian, perkebunan dan perikanan sehingga sebagian besar masyarakat desa adalah petani dan petani penggarap.

Sejarah Desa

Pada zaman dahulu kala hiduplah keluarga kecil sederhana yang kehidupannya tidak menentu, mereka hidup dipinggiran sungai kluwut yang sampai sekarang masih jadi saksi hiruk pikuk pada masa itu sayangnya sungai tersebut tidak bisa menerangkan apa yang terjadi kala itu. Konon pada saat itu ada sebuah keluarga yang hidup di pinggiran sungai ketika itu lahirlah bayi yang cemenang cenang atau si jabang yang baru lahir yang begitu kemerah merahan maka sejak saat itu desa ini di namakan Desa Cenang.

Keadaan Sosial

Mayoritas mata pencaharian Penduduk desa adalah petani perantauan dan buruh tani. Hal ini disebabkan karena sudah turun temurun sejak dahulu bahwa masyarakat adalah  petani dan perantau. Ini disebabkan karena minimnya pendidikan dan keahlianya lain yang pada akhirnya tidak punya pilihan lain selain petani dan merantau ke kota besar untuk berdagang dan bekerja.

Pembagian wilayah desa

Desa Cenang terbagi atas 3 Wilayah Pedukuhan yaitu Dusun Cenang, Dusun Wijahan dan Dusun Tegallurung. Diantaranya 3 RW dan 12 RT ada di Pedukuhan Cenang, 5 RW dan 21 RT di Pedukuhan Wijahan dan 1 RW 4 RT ada di Pedukuhan Tegallurung.

jumlah KK miskin mendomoinasi yaitu 35%, KK prasejahtera 20%, KK sejahtera 15%, dan KK kaya 10%, KK sejahtera menengah 20%. Oleh karena itulah maka desa cenang merupakan desa yang penduduknya berpenghasilan rendah.

Perekonomian Desa

Perekonomian Desa Cenang hanya mengandalkan dari hasil panen belum pada bentuk investasi dari luar yang masuk ke Desa Cenang. Sumber penerimaan desa hanya berupa dana alokasi pembangunan desa atau ADD.

  1. investasi, pajak dan retribusi Desa maupun daerah,
  2. pinjaman desa, dana perimbangan,
  3. tabungan pemerintah desa,
  4. sumber penerimaan desa lainnya, termasuk tingkat pelayanan Pemerintah Desa bidang ekonomi berikut kebijakan pengembangan ekonomi Desa, dan indikator pembangunan desa  bidang ekonomi);

Sosial Budaya Desa

Social budaya desa pada dasarnya tingkat social warga Desa Cenang masih terbangun. Dengan adanya kegiatan-kegiat-kegiatan keagamaan dalam peringatan-peringatan hari besar keagamaan, kesenian oleh warga Desa Cenang juga kegiatan lain semacam olah raga dengan menggunakan sarana olah raga seadanya.

Bagikan ke :

Suara Warga Cenang

Klik untuk bergabung group whatshapp warga desa Cenang

Klik disini

Gabung

BABAK BARU PILKADES CENANG

Cenang(cenang.desabrebes.id)-Pemilihan Kepala Desa Cenang memasuki babak baru. Segala persiapan dilakukan

Alamat

Jl. Raya Wijahan Cenang Kecamatan Songgom - Brebes, Kode Pos 52266

Peta Lokasi

Desa Cenang © 2019