Brebes Berhias, Cenang Berkarakter

RAKOR Bersama FMPP se Kecamatan Songgom

Cenang (cenang.desabrebes.id) – Forum Masyarakat Peduli Pendidikan (FMPP) kecamatan mengadakan Rapat Koordinasi bersama di AULA kecamatan Songgom terkait pengentasan Anak Tidak Sekolah di masing – masing desa. Rabu (12/06).

Masing – masing desa mengirimkan ketua dan sekretaris FMPP dan didampingi langsung oleh Kepala Desa untuk mengikuti Rapat Koordinasi yang diselenggarakan oleh Forum Masyarakat Peduli Pendidikan kecamatan Songgom.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten Brebes dalam rangka untuk mengembalikan anak tidak sekolah yang ada di masing – masing desa melalui program Gerakan Kembali Bersekolah (GKB).

Rapat Koordinasi dipimpin langsung oleh ketua Forum Masyarakat Peduli Pendidikan kecamatan Songgom, Drs. H. Jayusman, S.Pd dan didampingi oleh pengurus lainnya.

Dalam sambutannya Drs. H. Jayusman, S.Pd  selaku ketua Forum Masyarakat Peduli Pendidikan (FMPP) kecamatan Songgom mengatakan bahwa untuk mengatasi anak tidak sekolah bukan hanya mengembalikan ke sekolah saja namun perlu adanya pendampingan yang rutin baik home visit maupun dengan menghubungi sekolah terkait.

“ Pemerintah kabupaten telah meluncurkan aplikasi Rapid pro, nantinya akan memuat nomor kepala sekolah yang ditempati siswa GKB sehingga kita akan lebih mudah dalam melakukan pemantauan.” Imbuhnya

Dirinya juga berharap agar pemerintah desa juga ikut memperhatikan pengurus FMPP yang bergerak di lapangan. Selain itu pemerintah desa juga harus selalu memperbaharui data anak tidak sekolah yang berada di lingkungannya.

Dalam kesempatan tersebut Moh. Pakhruroji selaku ketua FMPP desa Cenang juga menyampaikan bahwa FMPP tidak hanya mengurusi anak tidak sekolah saja, namun FMPP juga bisa melakukan kerjasama dengan beberapa sekolah guna menolong siswa – siswa yang hendak melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi namun terkendala oleh biaya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Imam Rifai selaku kepala desa Cenang, dirinya menyampaikan bahwa pemerintah desa Cenang telah mengalokasikan dana desa untuk membeli perlengkapan sekolah bagi siswa GKB di tiap tahunnya.

 “ Bahkan desa Cenang sekarang seperti menjadi sales pendidikan setellah adanya program GKB ini.” Tambahnya.

Dengan adanya Rapat Koordinasi tersebut diharapkan FMPP kecamatan dan desa bisa bekerjasama dalam mengatasi anak tidak sekolah (ATS) sehingga cita – cita pemerintah kabupaten Brebes dalam mendongkrak IPM nya  bisa terwujud.

(Red/IF)

Bagikan ke :

Suara Warga Cenang

Klik untuk bergabung group whatshapp warga desa Cenang

Klik disini

Gabung

Alamat

Jl. Raya Wijahan Cenang Kecamatan Songgom - Brebes, Kode Pos 52266

Peta Lokasi

Desa Cenang © 2018