Chat with us, powered by LiveChat
Brebes Berhias, Cenang Berkarakter

Rembuk Bareng TPID bersama Forkompincam Songgom

Songgom (cenang.desabrebes.id) – Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) menggelar kegiatan Rembuk Bareng dengan mengundang Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Songgom. Selasa (30/07).

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan Bursa Inovasi Desa yang akan diselenggarakan dalam beberapa hari kedepan.

TPID bersama Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa berusaha untuk merangkul dan berkoordinasi dengan Forkompincam dengan tujuan untuk mengenalkan dan memaparkan tugas dan fungsi dari TPID kecamatan Songgom, Brebes.

Hadir pada kegiatan tersebut Camat Songgom, Danramil Songgom, Kapolsek Songgom, dan Kepala Puskesmas Jatirokeh kecamatan Songgom, Brebes.

Turut hadir Kepala Desa Cenang, Imam Rifai dalam Rembuk Bareng TPID selaku narasumber terkait inovasi yang sudah dilakukan di Desa Cenang yaitu tanaman Hidroponik yang pada tahun ini akan diangkat dan dimasukan dalam Bursa Inovasi Desa.

Kedatangan Forkompincam dan beberapa stekholder terkait membawa angin sejuk bagi TPID dalam mempersiapkan Bursa Inovasi Desa di tingkat kecamatan.

Seperti yang disampaikan Singgih selaku ketua TPID kecamatan Songgom, Brebes yang menyatakan bahwa tujuan dari diadakannya kegiatan tersebut adalah untuk menggali usulan dan saran serta dukungan dari Forkompincam demi suksesnya Bursa Inovasi Desa tahun ini.

“Kami berharap kepada Forkompincam untuk memberikan masukan terkait dengan kegiatan yang akan kami laksanakan yaitu Bursa Inovasi Desa, harapannya peserta BID yang hadir bisa memberikan ide inovasi sekaligus mereplikasi inovasi – inovasi yang telah kami sediakan.” Tambahnya

Singgih juga memaparkan kegiatan – kegiatan yang sudah dilakukan oleh TPID bersama dengan Pendamping Desa serta alur dan tahapan serta pentingnya pelaksanaan Bursa Inovasi Desa.

Selain itu Camat Songgom, Mochamad sodiq, S.STP. M.Si memberikan usulan terkait dengan peningkatan kualitas sumber daya kepala desa beserta perangkat desa.

Dirinya menyampaikan bahwa kualitas SDM Kepala Desa dan Perangkat Desa di kecamatan Songgom masih tergolong belum maksimal, maka perlu dibuatkan sebuah pelatihan khusus untuk kepala desa dan perangkatnya.

“Kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas untuk kepala desa dan perangkatnya dirasa penting dan itu boleh menggunakan Dana Desa.” Terangnya

Keberhasilan pelaksanaan Bursa Inovasi Desa akan berhasil manakala peserta BID yang terdiri dari Kepala Desa, Ketua BPD, dan KPM bisa memberikan komitmennya untuk mereplikasi inovasi – inovasi yang sudah ada dan mengusulkan kedalam APBDes.

(red/IF)

Bagikan ke :

Suara Warga Cenang

Klik untuk bergabung group whatshapp warga desa Cenang

Klik disini

Gabung

Alamat

Jl. Raya Wijahan Cenang Kecamatan Songgom - Brebes, Kode Pos 52266

Peta Lokasi

Desa Cenang © 2019