Chat with us, powered by LiveChat
Brebes Berhias, Cenang Berkarakter

Sadranan, Tradisi yang tak Lekang oleh Waktu

Cenang (cenang.desabrebes.id) – Sadranan adalah sebuah kebiasaan warga desa yang dilakukan pada saat lebaran, biasanya dilakukan dengan berkunjung ke rumah saudara.

Selain berkunjung ke rumah saudara, biasanya dibarengi dengan halal bi halal dan bersalam – salaman memohon maaf kepada saudara yang dikunjunginya.

Gula, teh, dan aneka jajanan menjadi barang wajib yang dibawa dan diberikan kepada saudara yang dikunjungi pada saat melakukan Sadranan.

“Niki Gula teh satuangan…” merupakan kalimat yang biasanya disampaikan penyadran kepada tuan rumah yang dikunjungi sebagai ungkapan penyerahan bingkisan yang dibawa.

Disela – sela kesibukan kerja, biasanya kita jarang berkunjung ke rumah saudara, sehingga Sadranan merupakan kegiatan yang sangat dinanti oleh keluarga yang ada dirumah.

Sadranan tak pernah lekang oleh waktu, nyatanya seiring berkembangpesatnya teknologi dibidang komunikasi seperti internet dan dengan adanya media sosial yang semakin menjamur, namun Sadranan masih menjadi pilihan untuk tetap menjalin tali silaturrahmi.

Meskipun hanya setahun sekali, namun antusiasme yang ditunjukan masih sangat kental. Melestarikan tradisi dan budaya yang baik adalah cerminan warga Negara yang baik pula. Karena Negara yang baik adalah Negara yang bisa menjaga tradisi dan budayanya.

Semoga kita termasuk sebagai golongan umat Nabi Muhammad SAW, yang ahli bersilaturrahmi, dengan silaturrahmi mudah – mudahan kita dipanjangkan umurnya, dijauhkan dari bahaya, dan diberikan kemuliaan dalam hidupnya.

(Red/IF)

Bagikan ke :

Suara Warga Cenang

Klik untuk bergabung group whatshapp warga desa Cenang

Klik disini

Gabung

Alamat

Jl. Raya Wijahan Cenang Kecamatan Songgom - Brebes, Kode Pos 52266

Peta Lokasi

Desa Cenang © 2019