Brebes Berhias, Cenang Berkarakter

Selayang Pandang Komunitas Peduli Tindak Pidana Perdagangan Orang Desa Cenang

WhatsApp Image 2018-12-04 at 17.47.29

Cenang(cenang.desabrebes.id) – Setelah mendapat pelatihan selama dua hari oleh Solidaritas Perempuan untuk Hak Asasi Manusia (SPEK-HAM) tentang perdagangan orang, akhirnya Komunitas Peduli Tindak Pidana Perdagangan Orang (KPTPPO) Desa Cenang dikukuhkan bersama 4 Desa lainya yaitu Songgom, Songgom Lor, Wlahar, dan Larangan oleh Wakil Bupati Brebes Narjo,M.H. Acara berlangsung di Pendopo Brebes yang turut dihadiri oleh Kepala Desa, Organisasi Perempuan, dan Dinas terkait, Selasa (4/12/2018).

Komunitas Peduli TPPO Desa Cenang beranggotakan sepuluh orang yang mempunyai latar belakang berbeda. Ada wiraswata, guru , ibu rumah tangga , penyalur tenaga kerja , dan mantan PMI (Pekerja Migrasi Indonesia) , akan tetapi satu tujuan yaitu ikut membantu pemerintah dalam pencegahan dan menanggulangi terjadinya tindak pidana perdagangan orang khususnya di Desa Cenang. Mengingat Desa Cenang menjadi salah satu desa lumbung PMI(TKI/TKW) di Kecamatan Songgom.

Dalam peranya, komunitas ini memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang cara kepengurusan migrasi yang benar. Karena selama ini, masyarakat tahunya ingin kerja cepat dengan gaji yang tinggi. Tidak jarang mereka menempuh cara salah, misal pemalsuan data pribadi , dan tidak mengecek status perusahaan penyalur ilegal atau legal.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ketua Komunitas Peduli TPPO Desa Cenang Roikhatul Janah.

Apabila komunitas mendengar atau mendapat laporan adanya tindakan perdagangan orang, komunitas ini tidak bekerja sendiri harus berkoordinasi dengan Pemerintah Desa, Lembaga Pemerintahan, ataupun Dinas-dinas terkait. Masyarakat bisa mendatangi rumah atau kantor balai desa untuk melapor.

Masyarakat tidak dilarang untuk bekerja di luar daerah atau bahkan luar negeri, asalkan mengikuti prosedur yang benar demi keamanan bersama, tambah Janah.

Masalah-masalah sebelum pemberangkatan akan menimbulkan resiko lebih besar yaitu bisa terjadi tindak pidana perdagangan orang karena pegawai yang bermasalah ini tidak mempunyai bukti untuk pembelaan diri sehingga oknum lebih mudah menjerat mereka.

Maka itulah, peran serta keluarga dan masyarakat sangat penting dalam tindakan pencegahan perdagangan orang. Karena tidak jarang pelaku berasal dari orang terdekat.(JW)

Bagikan ke :

Suara Warga Cenang

Klik untuk bergabung group whatshapp warga desa Cenang

Klik disini

Gabung

Alamat

Jl. Raya Wijahan Cenang Kecamatan Songgom - Brebes, Kode Pos 52266

Peta Lokasi

Desa Cenang © 2018