Chat with us, powered by LiveChat
Brebes Berhias, Cenang Berkarakter

Setda Brebes Mengadakan Sosialisasi Pemilihan Kepala Desa

Cenang – (cenang.desabrebes.id) Setda Brebes mengadakan Sosialisasi Pemilihan Kepala Desa serentak di dua Kecamatan yakni Kecamatan Songgom dan Kecamatan Jatibarang, Kamis (13/12) kemarin.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh Kepala Desa dan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di dua Kecamatan. Turut hadir H. Athoillah, SE. MSi., Assisten Pemsosbud Setda Brebes, Camat Songgom, dan Camat Jatibarang serta beberapa Staff dari Setda Kabupaten Brebes.

Acara yang sedianya diadakan di Aula Kecamatan Jatibarang ini dialihkan di Aula Desa Jatibarang Lor karena berbarengan di Aula Kecamatan Jatibarang sedang dilaksanakan kegiatan pembagian bantuan langsung non tunai oleh tim PKH Kecamatan Jatibarang.

Acara dimulai pukul 10.00 WIB, dengan diawali pembukaan oleh MC dan dilanjutkan oleh sambutan Camat Jatibarang selaku tuan rumah pada kegiatan sosialisasi pemilihan Kepala Desa serentak tahap pertama di Kabupaten Brebes.

Camat Jatibarang dalam sambutannya menyampaikan bahwa anggaran untuk pemilihan Kepala Desa tahap pertama yakni mengacu pada penganggaran ditahun sebelumnya. “Untuk tahun ini Desa yang menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa akan mendapatkan dana 30 juta, namun bisa bertambah atau berkurang tergantung jumlah DPT-nya dana diambilkan dari ADD (Anggaran Dana Daerah) Kabupaten.” tuturnya

Beliau juga menambahkan bahwa untuk pemilihan Kepala Desa tahap kedua menggunakan e – voting (elektronik voting). Untuk Desa yang menggunakan e – voting akan ada biaya tambahan yakni untuk pengadaan Alat e – voting sebesar 70 juta dan akan diambil dari Dana Desa.

“Untuk anggaran pengadaan Alat e – voting dengan besar 70 juta akan mubadzir jika hanya digunakan untuk Pemilihan Kepala Desa saja, maka alat tersebut bisa digunakan untuk pengembangan SID (Sistem Informasi Desa).” Imbuhnya.

Dilanjutkan sambutan kedua oleh Setda Kabupaten Brebes, yang diwakilkan oleh H. Athoillah, SE. MSi, Asisten Pemsosbud Setda Kabupaten Brebes. Athoillah mengatakan bahwa pentingnya meyelenggarakan pemilihan kepala desa yang jujur adil dan terbuka, sesuai dengan peraturan yang ada.

Athoillah juga menghimbau kepada jajaran pemerintah kabupaten/kota maupun desa harus berhati – hati dalam mengelola anggaran. Baik perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan harus jelas, lengkap, dan dibuktikan dengan dokumen – dokumen yang valid.

” Sebanyak 60% Bupati/Wlikota dan kurang dari 50% Kepala Desa berurusan dengan KPK pada tahun ini, oleh karena itu lakukanlah kegiatan pemerintahan sesuai dengan aturan – aturan yang sudah ada “. Himbaunya

Diakhir sambutannya Athoillah berpesan bahwa kepala desa diusahakan tidak mempunyai musuh karena akan mempengaruhi jalannya kepemerintahan di desanya. Peribahasa mengatakan seribu teman terlalu sedikit, namun satu musuh saja sudah cukup banyak. 

Acara kemudian dilanjutkan oleh Faizin, STP, MSi yang memaparkan secara singkat tentang penggunaan anggaran untuk pemilihan kepala desa serentak di beberapa desa se-Kabupaten Brebes. Faizin menyampaikan bahwa pemilihan kepala desa serentak akan dilaksanakan dua tahap yakni tahap pertama pada bulan juni tahun 2019 dan tahap kedua yakni di tahun 2020.

“Pemilihan kepala desa tahap pertama masih menggunakan cara manual atau mencoblos, namun ditahap kedua nanti kita sudah mulai menggunakan pemilihan secara elektronik yaitu dengan menggunakan alat e-voting”. Paparnya

Faizin juga menjelaskan beberapa aturan terkait dengan penyelenggaraan pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Brebes. Hal ini perlu disampaikan mengingat sangat mungkin terjadi pelanggaran – pelanggaran yang dilakukan baik oleh desa maupun oleh panitia penyelenggara dalam hal ini adalah tugas dari Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanyajawab, salah satu peserta bertanya tentang mekanisme penyerahan dana ADD yang digunakan untuk pelaksanaan pemilihan kepala desa. Faizin menjawab bahwa dana ADD tersebut akan diserahkan langsung oleh panitia pemilihan kepala desa melalui rekening. ” Jadi panitia pemilihan kepala desa harus membuat rekening khusus di BPD Jateng untuk menerima dana ADD tersebut”. Tambahnya

(red/IF)

Bagikan ke :

Suara Warga Cenang

Klik untuk bergabung group whatshapp warga desa Cenang

Klik disini

Gabung

Alamat

Jl. Raya Wijahan Cenang Kecamatan Songgom - Brebes, Kode Pos 52266

Peta Lokasi

Desa Cenang © 2019