Chat with us, powered by LiveChat
Brebes Berhias, Cenang Berkarakter

Sosialisasi Konsolidasi Pelaksanaan Dana Desa 2019

Brebes, (cenang.desabrebes.id) – mari bekerja sesuai dengan aturan dan aturan main demikian disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermades) Rofiq Qoidul Azam, SH. dalam acara sosialisasi pelaksanaan dana desa 2019 di gedung PGRI Brebes. Rabu, (13/02/2019)

dasar aturan tentang pelaksanaan dana desa tahun 2019 Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 20 tahun 2018 dan Peraturan Bupati (Perbup) nomor 076 Tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa.

itu juga yang mendasari  perubahan pada aplikasi sistem keuangan desa (siskeudes) versi. 2.01 dan masih tahap pengembangan, artinya bisa kemudian ditambahkan hal-hal yang memang ada dan perlu di desa namun tidak keluar dari indikator yang ada di perbup 076 Tahun 2018.

lanjut Rofiq ini menjadi persoalan ketika Bupati meminta dibulan februari desa bisa melakukan tahap penyaluran sekaligus pencairan dana desa sementara proses laporan pertanggungjawaban tahun sebelumnya masih berlangsung sampai maret, dan tentu APBDES masih banyak yang belum selesai dirancang dan lagi tidak bisa dibayangkan jika kemudian dalam setiap tahap dicairkan sekaligus, ada desa yang pagu anggaran dana desanya mencapai 3,5 M yaitu desa pamulihan kecamatan larangan – brebes jika 20 persenya saja dikisaran 700juta secara logika uang tersebut bisa tidak diserap dengan tenggang waktu yang sangat singkat, ungkap Rofiq.

” Semoga temen-temen operator selalu diberikan kesehatan oleh Alloh SWT, sehingga dalam menjalankan tugasnya bisa optimal ” Tutup Rofiq.

dalam kesempatan yang sama Tedi selaku Tim Teknis Siskeudes Kabupaten dalam paparannya menjelaskan terakait dengan perubahan pada aplikasi siskeudes versi.2.01 yang mana dalam permendagri 20 Tahun 2018 tidak ada kode untuk penghasilan tambahan tapi tertulis Tunjangan Kepala Desa dan Perangkat Desa terkait dengan itu maka perbup 076 Tahun 2018 lah sebagai turunannya dimana ada kode tambahan 90-99 yang kemudian bisa ditambahkan kegiatan yang sesuai dengan muatan lokal masing-masing desa contohnya pengelolaan Pendapatan Asli Desa (PAD).

” dana desa semakin besar bukan berarti bagus, justru semakin buruk karena pada era sekarang masih ada data stunting di Kabupaten Brebes itu memalukan ” tutup Tedi.

penggunaan Anggaran yang diterima dari pengajuan Surat Permintaan Pembayaran untuk kegiatan pengadaan barang dan jasa/swakelola tidak lebih dari 10 hari kerja. serta cash on hand (Kas tunai) di kaur keuangan tidak boleh lebih dari 15juta. (sucen)

Bagikan ke :

Suara Warga Cenang

Klik untuk bergabung group whatshapp warga desa Cenang

Klik disini

Gabung

Alamat

Jl. Raya Wijahan Cenang Kecamatan Songgom - Brebes, Kode Pos 52266

Peta Lokasi

Desa Cenang © 2019