Brebes Berhias, Cenang Berkarakter

Sosialisasi Pengolahan Sampah

Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah didefinisikan oleh manusia menurut derajat keterpakaiannya, dalam proses-proses alam sebenarnya tidak ada konsep sampah, yang ada hanya produk-produk yang dihasilkan setelah dan selama proses alam tersebut berlangsung. Akan tetapi karena dalam kehidupan manusia didefinisikan konsep lingkungan maka sampah dapat dibagi menurut jenis-jenisnya.dilansir dari www.wikipedia.org

hal ini yang menjadi persoalan manusia saat ini dimana masyarakat pada umumnya belum begitu sadar bahwa sampah sebenarnya ada nilai ekonomisnya, banyak produk yang dihasilkan dari proses daur ulang sampah.

Desa Cenang berupaya untuk mengolah sampah dengan diawali Sosialisasi Pengolahan Sampah, Jum’at, (04/01)

Kepala Desa Cenang, Songgom-Brebes dalam sambutannya terkait sampah mengajak hadirin dan masyarakat khususnya mulai saat ini untuk bisa memilah dan membuang sampah pada tempatnya, saatnya kita peduli lingkungan kalau bukan kita lalu siapa, kalau tidak sekarang lalu kapan.

” Yuk, mulai dari keluarga buang sampah menurut jenisnya Desa mencoba membuat satu inovasi dalam hal pengolahan sampah, saya (Kepala Desa.red) telah melihat bagaimana sampah bisa diolah menjadi pupuk kompos padat dan pupuk organik cair di Desa Galuh Timur, Tonjong-Brebes. apakah hal seupa juga bisa dilakukan di Desa Cenang, mari sama-sama belajar ” tuturnya.

bersamaan dengan itu maka sebagai percontohan Desa Cenang menerapkan buang sampah pada tempatnya di RW.05 dan RW.06. yang selanjutnya pengelolaan dan menejemen diatur oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). (sucen)

Bagikan ke :

Suara Warga Cenang

Klik untuk bergabung group whatshapp warga desa Cenang

Klik disini

Gabung

Alamat

Jl. Raya Wijahan Cenang Kecamatan Songgom - Brebes, Kode Pos 52266

Peta Lokasi

Desa Cenang © 2018