Brebes Berhias, Cenang Berkarakter

Sugeng Mulyono | Sekretaris Desa Zaman Milenial

Cenang, (cenang.desabrebes.id) – Menjadi Sekretaris Desa (Sekdes) zaman milenial mempunyai tantangan tersendiri. Harus menguasai teknologi karena semuanya harus cepat. Bertanggung jawab serta selalu berinovasi merupakan hal yang wajib dilakukan agar pekerjaan terselesaikan dengan baik.

Pernyataan tersebut diungkapkan Sekretaris Desa Cenang, Songgom, Brebes Sugeng Mulyono saat membeberkan sejarah perjuangan hidupnya sampai akhirnya menjadi Sekdes/Carik Cenang di Balai Desa Cenang, Senin (1/7).

“Sebelum menjadi Carik, saya pernah menjajal sebagai bakul padi dan bawang. Tapi tidak bertahan lama, karena tahun 2003 sampai 2005 saya melancong ke Jakarta bekerja di PT. Aneka Spring Telekomindo sebagai Cleaning Service,” kenang Sugeng.

Pria 37 tahun ini melanjutkan kisahnya, tahun 2007 dia ditawari menjadi pamong dibagian Kaur Ekonomi dan Pembangunan. Selama menjadi pamong Sugeng sempat menyerah dan ingin keluar saja mencari pekerjaan lain. Namun, berkat dorongan dari keluarga akhirnya diapun bertahan sampai tahun 2017.

Tahun 2018 menjadi tahun yang bersejarah baginya. Karena kegigihannya mengerjakan semua proposal desa dan dikirim untuk mengikuti bintek (Bimbingan Teknis) sistem keuangan desa. Dari situlah Sugeng mulai paham tentang administrasi dan keuangan desa. Dan akhirnya pada tanggal 4 April 2018, Sugeng dilantik sebagai Sekdes menggantikan Kuntoro.

Menjadi Sekdes termuda sepanjang sejarah Cenang dan hidup di zaman milenial mewajibkannya berpikir cerdas dan kreatif, serta harus tahan banting.

“Awalnya susah sekali mengerjakan APBDes (Anggaran Pendapatan Belanja Desa), sampai saya lembur 3 hari 2 malam. Alhamdulilah teman pamong yang lain ikut membantu. Dan yang terpenting adalah dukungan keluarga yang merasa bangga akan pekerjaan saya. Tapi, sayang ada yang kecewa dengan pekerjaan baru saya yaitu mantan,”kelakar Sugeng.

Menjadi Sekretaris Desa bukanlah cita-citanya, proseslah yang kemudian mengantarkannya ke kursi Sekdes. Bekerja dengan tanggungjawab dan mengerjakannya dengan baik adalah kuncinya. Sampai saat sekarang lulusan dari SMK Muhamadiyah 3 Purwokerto ini masih tetap belajar supaya semua administrasi di Desa tersistem mudah, teratur dan bisa dipahami semua perangkat desa. Jika itu terwujud maka kerja lebih mudah dan lebih transparan.

“Saya berharap kaum muda Cenang bekerja dengan fokus dan mensyukuri apa yang ada, serta mau berkontribusi aktif memajukan desanya,”harap Sugeng. (JW)

Biodata :
Nama lengkap : Sugeng Mulyono
Ttl : Brebes, 14 Mei 1982
Alamat : Jln. Katimaha Rt 03/03 Cenang
Pendidikan : SD Gegerkunci 2, SMP N 3 Jatibarang SMK Muhamadiyah 3 Purwokerto
Pengalaman kerja : Bakul Padi dan Bawang, Cleaning Service, tukang tambal ban, Kaur Ekonomi dan pembangunan, dan sekretaris Desa Cenang.
Nama Istri : Aisah
Nama anak : Ugi Putra Pratama

Bagikan ke :

Suara Warga Cenang

Klik untuk bergabung group whatshapp warga desa Cenang

Klik disini

Gabung

Petani Zaman Now

Tegal, (cenang.desabrebes.id) – Puluhan orang dari berbagai profesi ikuti pelatihan

Alamat

Jl. Raya Wijahan Cenang Kecamatan Songgom - Brebes, Kode Pos 52266

Peta Lokasi

Desa Cenang © 2018