Chat with us, powered by LiveChat
Brebes Berhias, Cenang Berkarakter

Tahapan Pilkades Tahap 2 mulai dilaksanakan

Songgom, (cenang.desabrebes.id) – Saya kumpulka panjenengan semua khususnya desa-desa yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (PILKADES) yakni Desa Cenang, Wanatawang, Karangsembung dan Desa Jatirokeh bahwa tahapan pilkades segera dilaksanakan demikian disampaikan Camat Songgom Mochamad Sodiq, S.STP, M.Si. diruang camat. Selasa, (17/09/2019).

Sesuai edaran Bupati bahwa pelaksanaan pilkades akan dilaksanakan secara elektronik (e-voting) walau dirasa desa belum siap terkait teknis dan pengalaman tentang e-voting, namun Pemerintah Daerah Kabupaten Brebes cukup optimis ini dibuktikan bahwa semua desa baik yang sudah melaksanakan pilkades tahap 1 diminta melakukan perubahan anggaran pendapan dan belanja desa (APBDES-P) untuk mengalokasikan anggaran sarana alat perlengkapan sistem informasi desa (SID) guna mendukung kegiatan tersebut.

Ada 108 Desa pada pilkades tahap 2 dimana kalau dihitung ketersediaan alat sangatlah terbatas, Kabupaten Brebes tercatat 292 Desa jika semua desa mengadakan peralatan baru tersedia 292 alat e-voting. sedangkan setiap desa membutuhkan minimal 4 set alat. Untuk menyikapi ketersediaan alat maka pilkades dibagi 2 tahap yaitu tanggal 19 desember dan 26 desember 2019.

Dasar pilkades dijelaskan secara gamblang dalam peraturan bupati nomor 32 tahun 2019 diskusi awal dibacakan perbub ada 87 halaman membahas tahapan dan petunjuk teknis tugas dan fungsi masing-masing OPD. disebutkan bahwa Pemerintah Kabupaten berkedudukan sebagai Pengarah dan Pemantau, Kecamatan sebagai pengawas dan Pemerintah Desa sebagai Panitia Pemilihan Kepala Desa.

Dijelaskan juga syarat pemilih, penduduk bisa memilih dengan ketentuan bahwa warga tersebut sebelum tanggal pemungutan suara sudah berumur 17 tahun atau sudah menikah. Warga tidak bisa memilih jika, warga tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap dan Daftar Pemilih Sementara sampai batas waktu yang telah ditentukan dari pengumuman DPS kemudian ditetapkan menjadi DPT namun yang bersangkutan tidak mengusulkan bahwa dirinya tidak terdaftar maka yang bersangkutan tidak dapat memilih.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan berkaitan dengan DPS dan DPT maka, Panitia Pilkades tidak henti-hentinya untuk terus memberikan sosialisasi kepada warga masyarakat agar ikut berpartisipasi dalam tahap pendataan pemilih. jika mengetahui ada warga yang sudah berusia 17 tahun tetapi tidak ada dalam DPS maupun DPT segera laporkan kepanitia pilkades agar bisa segera ditindaklanjuti untuk didaftar.

Bagikan ke :

Suara Warga Cenang

Klik untuk bergabung group whatshapp warga desa Cenang

Klik disini

Gabung

Alamat

Jl. Raya Wijahan Cenang Kecamatan Songgom - Brebes, Kode Pos 52266

Peta Lokasi

Desa Cenang © 2019