Brebes Berhias, Cenang Berkarakter

Tenaga Ahli Dispermades Kabupaten Brebes Latih Peserta Pelatihan PSDM

Songgom (cenang.desabrebes.id) – Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) mengadakan pelatihan Peningkatan Sumber Daya Manusia (PSDM) di AULA kecamatan Songgom dengan tema penanganan stunting di kecamatan Songgom, Brebes. Selasa (23/07).

Peserta pelatihan tersebut adalah Kader Pembangunan Manusia (KPM) yang sudah mendapatkan mandat dan surat keterangan dari kepala desa dan satu perwakilan dari perangkat desa se kecamatan Songgom, Brebes.

Kegiatan tersebut terselenggara atas kerjasama Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) dengan Dinpermades kabupaten Brebes, Dinas Kesehatan kabupaten Brebes, dan Puskesmas kecamatan Songgom.

Kecamatan Songgom merupakan salah satu penyumbang angka stunting terbanyak di kabupaten Brebes, sehingga pada tahun 2018 kabupaten menunjuk kecamatan Songgom sebagai lokasi fokus stunting, dan desa Dukuhmaja menjadi desa tujuan program tersebut.

Mengingat hal tersebut, Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) bekerjasama dengan pemerintah kecamatan melakukan inovasi dengan mengadakan pelatihan Peningkatan Sumber Daya Manusia (PSDM) dengan tema penanganan stunting melalui pemanfaatan posyandu.

Untuk menangani kasus stunting diperlukan data yang tepat dan akurat baik itu melalui penelitian secara langsung maupun bekerjasama dengan bidan desa.

Dalam hal ini TPID kecamatan Songgom menggandeng Tenaga Ahli Dinpermades kabupaten Brebes untuk memberikan cara menggali dan mendapatkan data yang akurat.

Iwan, yang hadir pada saat itu memaparkan tentang pengorganisasian pelaku konvergensi pencegahan stunting di desa. Dirinya menengkan bahwa dalam pengorganisasian yang dimaksud adalah mencari dan mengumpulkan pihak – pihak terkait yang bisa dijadikan sebagai sumber data atau informasi.

“Ada 5 paket layanan kegiatan konvergensi stunting di desa, diantaranya kesehatan ibu dan anak, konseling gizi terpadu, perlindungan sosial, air bersih dan sanitasi, serta PAUD.”

“Jika lima layanan tersebut bisa berjalan dengan maksimal maka penanganan stunting pada kecamatan Songgom bisa berjalan dengan baik”. Tambahnya

Setelah paparan, Iwan melanjutkan kegiatannya dengan mengajak peserta pelatihan PSDM dibantu dengan Pendamping Lokal Desa (PLD) untuk melakukan studi kasus dan pengisian format pendataan.

Peserta PSDM merasa senang bisa mengikuti kegiatan tersebut, mengingat penggalian data anak stunting di desa harus benar – benar dilakukan mengingat penanganan stunting juga merupakan aset untuk masa depan bangsa yang cerdas dan maju.

(red/IF)

Bagikan ke :

Suara Warga Cenang

Klik untuk bergabung group whatshapp warga desa Cenang

Klik disini

Gabung

Alamat

Jl. Raya Wijahan Cenang Kecamatan Songgom - Brebes, Kode Pos 52266

Peta Lokasi

Desa Cenang © 2018