Brebes Berhias, Cenang Berkarakter

TPID Kec. Songgom Adakan Bursa Inovasi Desa

Songgom (cenang.desabrebes.id) Tim Pelaksana Inovasi Desa Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes mengadakan kegiatan Bursa Inovasi Desa tingkat kecamatan di Aula Kecamatan Songgom, Brebes. Rabu (07/08)

Bursa Inovasi Desa merupakan rangkaian kegiatan Tim Pelaksana Inovasi Desa Kecamatan Songgom, Brebes tahun 2019 yang bersumber dari anggaran program APBD Kabupaten.

Selain itu kegiatan tersebut merupakan sarana alternatif bagi pemerintah desa dalam penyusunan RAPBDes yang akan digunakan untuk APBDes tahun 2020.

Peserta kegiatan tersebut adalah kepala desa, ketua BPD, dan perwakilan tokoh masyarakat se kecamatan Songgom, Brebes.

Turut hadir Camat Songgom, Danramil, Kapolsek, dan Kepala Puskesmas Jatirokeh, serta Tenaga Ahli dari Dinpermades dan Dinas Pertanian.

TPID Kecamatan Songgom memberikan gambaran dan arahan kepada kepala desa dan ketua BPD beberapa program yang dirangkum dan dikemas menjadi tiga Bursa pilihan. Bursa A berisi program pembangunan infrastruktur, Bursa B, Pengembangan ekonomi dan kewirausahaan, sedangkan Bursa C, Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Dalam sambutannya Camat Songgom, Mochamad Sodiq, S.STP., M.Si mengatakan bahwa pemerintah desa dalam membuat RAPBDes harus sesuai dengan ketentuan yang sudah disepakati bersama supaya ada kesamaan antara desa satu dengan lainnya.

“Selain pembangunan infrastruktur, desa juga diharapkan mengalokasikan anggaran dana desa untuk kegiatan peningkatan SDM nya.” Imbuhnya

Hal senada juga disampaikan oleh ketua TPID Kecamatan Songgom, Singgih, yang mengatakan bahwa hadirnya TPID memberikan solusi kepada pemerintah desa supaya desa bisa mempunyai wawasan dan gambaran program dalam penyusunan APBDes.

“Kami TPID memberikan beberapa menu program kegiatan yang bisa diadopsi di desa – desa, dan apabila ada program yang belum tercantum di menu, kami siap memfasilitasi untuk mencari program yang diinginkan desa.” Tambahnya

Setelah acara pembukaan oleh Camat Songgom, peserta diarahkan menuju Bursa – bursa yang sudah disediakan dengan dipandu oleh TPID Kecamatan Songgom.

Peserta Bursa Inovasi Desa Kecamatan Songgom, Brebes sangat antusias mengikuti kegiatan, mereka merasa terbantu dengan adanya Bursa Inovasi Desa.

Dengan adanya Bursa Inovasi Desa, diharapkan desa lebih inovatif dalam mengelola Dana Desa setiap tahunnya.

(red/IF)

Bagikan ke :

Suara Warga Cenang

Klik untuk bergabung group whatshapp warga desa Cenang

Klik disini

Gabung

Alamat

Jl. Raya Wijahan Cenang Kecamatan Songgom - Brebes, Kode Pos 52266

Peta Lokasi

Desa Cenang © 2018