Chat with us, powered by LiveChat
Brebes Berhias, Cenang Berkarakter

“Tukar Guling” Tanah Terjadi antara SD Maarif NU 02 Idharul Haiyi dengan Ibu Nur Hidayah

Cenang (cenang.desabrebes.id) – Proses Akad dan Serah Terima Tanah dengan sistem Tukar Guling dilakukan oleh SD Maarif NU 02 Idharul Haiyi dengan Ibu Nur Hidayah. Sabtu, (12/01).

Tukar Guling adalah sebuah proses pertukaran sebuah benda dengan jumlah atau nilai yang sama atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Barter.

Langkah ini dilakukan oleh Pihak Sekolah untuk mendapatkan akses jalan menuju ke Halaman Sekolah, mengingat posisi tanah milik Sekolah berada persis di sebelah tanah milik Ibu Nur Hidayah. Sedangkan dalam keseharian akses satu – satunya adalah dengan melewati tanah milik Ibu Nur Hidayah.

Hal itu perlu dilakukan agar kedepan tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

Hadir dalam proses tersebut yakni Kepala SD Maarif NU 02 Idharul Haiyi, Perangkat Desa, dan beberapa saksi untuk menyaksikan prosesi tersebut.

Moh. Pakhruroji, selaku kepala sekolah mengungkapkan bahwa tujuan melakukan pertukaran tersebut adalah untuk jalan menuju sekolah dan bisa juga digunakan untuk akses umum.

“Tujuan kami tidak lain adalah untuk kepentingan sekolah dan umum, bukan untuk pribadi.” Imbuhnya.

Nur Hidayah selaku pemilik tanah juga sepakat untuk melakukan pertukaran, dan dirinya bahkan sangat senang dan merasa terbantu dengan proses yang dilakukan pihak Sekolah yakni dengan bermusyawarah secara kekeluargaan.

Sesuai dengan hasil kesepakatan, tanah yang di tukar adalah 30 m2 dari masing-masing pemilik tanah.

Awalnya dari pihak keluarga Ibu Nur Hidayah masih keberatan terhadap hasil kesepakatan tersebut, namun karena kerelaan dan niat tulus Ibu Nur Hidayah akhirnya semua bisa legowo.

“Niat saya ikhlas untuk kepentingan umum, dan dengan adanya sekolah disitu berarti lingkungan menjadi ramai.” Tambah Nur.

Wiryono, Perangkat Desa Cenang yang ikut hadir dalam prosesi serah terima menjadi saksi sekaligus hakim dalam perkara tersebut menuturkan bahwa dalam pengusulan pertukaran hendaknya melalui prosedur yang benar.

“Urusan pertanahan harus diselesaikan sesuai dengan peraturan yang yang ada, agar tidak terjadi permasalahan nantinya.” Imbuhnya.

Acara dimulai dengan pengecekan lokasi dan pengukuran tanah, setelah itu dilanjutkan dengan penandatanganan surat pernyataan oleh kedua belah pihak dan foto bersama sebagai bukti dokumentasi.

(Red/IF)

Bagikan ke :

Suara Warga Cenang

Klik untuk bergabung group whatshapp warga desa Cenang

Klik disini

Gabung

Alamat

Jl. Raya Wijahan Cenang Kecamatan Songgom - Brebes, Kode Pos 52266

Peta Lokasi

Desa Cenang © 2019