Chat with us, powered by LiveChat
Brebes Berhias, Cenang Berkarakter

UNICEF Kembali Menyambangi Desa Cenang Terkait SIPBM

Cenang – (cenang.desabrebes.id) Unicef Kembali Mendatangi Desa Cenang Terkait Palaksanaan dan Implementasi Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat (SIPBM), Senin (25/02).

Desa Cenang merupakan salah satu dari 4 Desa Pilot Projek yang melaksanakan Program Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat (SIPBM) yang ditunjuk langsung oleh Baperlitbangda Kabupaten Brebes melalui kerjasamanya dengan Unicef.  Kegiatan SIPBM tersebut sbelumnya sudah pernah dilaksanakan oleh Desa Cenang pada tahun 2013 dengan lebih menekankan pada bidang pendidikan.

Namun pada kegiatan SIPBM ini, lebih menyeluruh pada beberapa aspek pembanguna yang dibutuhkan di Desa. SIPBM menjadi solusi bagi Pemerintah dalam menyusun Rencana Kegiatan Pembangunan Desa (RKPDesa), mengingat pembangunan di era sekarang harus berbasis data dan untuk menggali data dibutuhkan sebuah cara atau teknik menggunakan SIPBM tersebut. Sehingga SIPBM menjadi pilihan Pemerintah Kabupaten Brebes yang dipelopori oleh Baperlitbangda untuk memajukan Desa – desanya.

Hadir pada kegiatan tersebut Supriyanto Subakir, selaku konsultan Unicef terkait dengan Implementasi SIPBM dan penanganan ATS di Desa Cenang. Subakir didampingi oleh Adi Assegaf  (Forum Pendamping Anak), Bayu Setiawan (Baperlitbangda), dan Bahrul Ulum (Ketua FMPP) Kabupaten Brebes.

Kades Cenang, Imam Rifai menyampaikan rasa terimakasihnya atas kunjungan dan kedatangan tim dari Unicef. Dirinya juga memaparkan kepada tim dari unicef pelaksanaan SIPBM dan Penanganan ATS di Desa Cenang.

“Desa Cenang melaksanakan SIPBM yang kedua di tahun 2017, dan dari pendataan tersebut menghasilkan data yang pada tahun 2017 kami gunakan sebagai acuan untuk membuat APBDes.” Imbuhnya

Subakir menanyakan perihal penanganan ATS (Anak Tidak Sekolah) di Desa Cenang, apakah sudah ditangani dengan baik atau mesih perlu pembenahan. Dirinya juga menanyakan tentang kondisi siswa yang dikembaliikan ke sekolah, apakah siswa tersebut masih bersekolah atau kembali keluar.

Moh. Pakhruroji, ketua FMPP (Forum Masyarakat Peduli Pendidikan) Desa Cenang mengatakan bahwa ATS di Desa Cenang sudah ditangani dengan baik dan kondisinya juga masih aktif bersekolah, namun ada beberapa siswa yang enggan untuk kembali bersekolah dikarekana beberapa faktor.

“Sebagian besar ATS di Desa Cenang yang enggan untuk kembali bersekolah adalah mereka yang sudah bekerja ke luar kota, kami selaku FMPP sangat susah untuk mengajak mereka untuk kembali bersekolah.” Tambahnya

Dari 230 ATS yang ada di Desa Cenang pada tahun 2017 – 2018 sudah dikembalikan ke sekolah sebanyak 85 ATS ke Sekolah Formal dan 25 ATS ke Sekolah Non Formal (Kejar Paket B). Dan direncanakan tahun 2019 ATS di Desa Cenang akan dihabiskan.

(Red/IF)

 

Bagikan ke :

Suara Warga Cenang

Klik untuk bergabung group whatshapp warga desa Cenang

Klik disini

Gabung

Alamat

Jl. Raya Wijahan Cenang Kecamatan Songgom - Brebes, Kode Pos 52266

Peta Lokasi

Desa Cenang © 2019